30 Mahasiswa Yunnan University Belajar Bahasa-Budaya Indonesia di UNY

FBS-Karangmalang. Eksistensi UNY dalam menuju universitas kelas dunia (World Class University) dikancah internasional semakin membanggakan. Internasionalisasi UNY ini direspons baik oleh Yunan University China, sehingga lahirlah kerja sama berupa credit transfer antara Yunnan-UNY. Sebagai bentuk kerja samanya, sebanyak 30 mahasiswa Yunnan University China akan belajar bahasa dan budaya Indonesia selama satu tahun di UNY.
    Penyambutan resmi mahasiswa Yunnan diterima baik oleh Wakil Rektor IV UNY, Prof. Suwarsih Madya, Ph.D. dan Jajaran Dekanat FBS di Ruang Seminar PLA FBS Lantai III pada Rabu (25/09/2013). Acara itu dihadiri pula oleh para tutor BIPA dari Kantor Internasional, duta Student Exchange Thailand, dan beberapa dosen FBS.
    Dr. Widyastuti Purbani, M.A. selaku Wakil Dekan II menjelaskan bahwa dikirimnya 30 mahasiswa Yunnan University China ke UNY untuk studi budaya dan bahasa Indonesia, didasari oleh kerja sama dalam bentuk nota kesepahaman antarkedua belah pihak. Dijelaskannya pula, pihak Yunnan akan melakukan credit transfer di UNY selama satu tahun. “Selain bahasa Indonesia, mereka akan belajar tentang gamelan, tari, dan lagu lokal Indonesia,” tandasnya.
    Kerja sama antaruniversitas di luar negeri ini merupakan upaya UNY dalam mempersiapkan ASEAN Community 2015. Karena di ASEAN Community, negara-negara besar akan berhubungan baik dalam hal budaya, pendidikan, mau pun ekonomi. Dengan demikian, peran serta dan kontribusi UNY di dalam kancah internasional akan berupaya lebih baik –termasuk dalam kerja dalam tukar budaya.
    “Dengan datangnya mahasiswa Yunnan ke FBS, maka segala persiapan dan pelayanan akan kami lakukan sebaik mungkin. Semoga, mahasiswa Yunnan tidak terlalu tertekan oleh Culture Shock,” harap Dr. Widyastuti Purbani, M.A. (Rony/ Humas FBS).