400 Siswa SMP 10 Denpasar Serbu FBS

FBS-Karangmalang. Saat ini sistem pembelajaran di setiap sekolah terus mengalami perkembangan. Berbagai inovasi dikembangkan guna meningkatkan kualitas peserta didik. Pembelajaran pun kini tidak hanya dilakukan di dalam kelas. Salah satunya adalah dengan melakukan studytour atau berwisata sambil belajar. Hal ini merupakan wahana refreshing sekaligus mengajak peserta didik untuk tetap belajar dengan cara yang menyenangkan.

Ratusan siswa berseragam biru tua tampak berjalan kaki menerjang hujan dari gedung Rektorat UNY menuju komplek Fakultas Bahasa dan Seni UNY. Dengan didampingi sekitar duapuluh guru, para siswa berjubel memasuki ruang seminar gedung Pusat Layanan Akademik (PLA) FBS. Meski dengan kondisi pakaian yang basah, tidak sedikitpun mengurangi antusias siswa siswi SMP 10 Denpasar ini untuk berkenalan dengan FBS.

FBS UNY dipilih menjadi salah satu tujuan studytour siswa kelas VII, VIII dan IX. Masyarakat Bali yang masih kental menjaga dan melestarikan budayanya bermaksud bertukar penngalaman dengan FBS yang merupakan fakultas yang tentu bergerak dibidang budaya dan seni. Setelah penyampaian sambutan oleh kepala humas FBS Herman, M.Pd dan wakil kepala SMP 10 Denpasar, siswa ditunjukan video profil FBS. Acara yang dipandu oleh Dyah Retna Palupi ini kemudian dilanjutkan dengan diskusi tanya jawab mengenai seluk beluk dunia kampus. Walaupun masa studi dikampus masih cukup lama, para siswa tampak bersemangat melontarkan pertanyaan.

Menjelang sore para siswa berpindah menuju gedung Stage tari FBS untuk menyaksikan penampilan permainan gamelan Bali oleh sebagian siswa. Dengan berpakaian lengkap ala Bali, 22 siswa tampak mahir memainkan berbagai instrument gamelan Bali. Para pemain gamelan ini tergabung dalam club gamelan yang diadakan di sekolah. Setiap hari Jumat dan Sabtu para siswa dipandu oleh seorang guru seni dari ISI Denpasar berlatih memainkan gamelan. Tepuk tangan meriah mengakhiri kunjungan siswa siswi serta guru SMP 10 Denpasar. Selanjutnya dengan sepuluh bus mereka akan menuju candi Prambanan untuk kembali tampil menunjukkan kebolehannya bermusik.

Ida Bagus Gedhe Girindra Kusuma mengaku senang dapat berkunjung ke Yogyakarta khususnya FBS. Siswa yang masih duduk di kelas tujuh ini juga senang dengan keramahan masyarakat serta kebersihan lingkungan kampus UNY. “Ke Jogja tu bersih lingkungan, ramah-ramah juga. Saya senang.” ungkapnya sambil sesekali memainkan rambutnya yang basah. (e.saf)

Tags: