46 Mahasiswa Asing FBS UNY Menyelesaikan Program Transfer Kredit

FBS-Karangmalang. Fakultas Bahasa dan Seni UNY pada Jumat (3/6) lalu mengadakan Penutupan Program Transfer Kredit untuk mahasiswa asing dari Tiongkok dan Belanda. Sebanyak 21 mahasiswa Yunnan Minzu University dan 21 mahasiswa Guangdong University of Foreign Studies berhasil menyelesaikan program transfer kredit selama 2 semester di FBS UNY sedangkan 4 mahasiswa Fontys University of Applied Sciences menyelesaikan transfer kredit selama 1 semester. Acara penutupan transfer kredit yang berlangsung sejak pukul 08.30 di Ruang Seminar PLA lantai 3 tersebut menampilkan beragam hasil karya mahasiswa transfer kredit yang ditampilkan dalam pertunjukkan yang mengesankan.

Sejak tiba di Indonesia pada 7 September 2015 lalu, Yunnan Minzu University dan Guangdong University of Foreign Studies telah mempelajari bahasa dan budaya Indonesia secara baik dibuktikan dengan penampilan musikalisasi puisi dari para mahasiswa Yunnan yang membawakan puisi “Aku Ingin” dari Sapardi Djoko Damono, salah satu penyair yang namanya tersohor di Indonesia. Sedangkan para mahasiswa GDUFS menampilkan drama Roro Jonggrang yang dibumbui tarian dengan lagu mandarin. Empat mahasiswa Fontys yang tiba di Indonesia sejak 2 Mei 2016 pun tak ketinggalan menampilkan Tari Jathilan dan memainkan Angklung membawakan “Ibu Pertiwi”. Para audiens sangat terhibur sekaligus bangga melihat budaya dan bahasa Indonesia dapat dibawakan secara apik oleh para mahasiswa asing yang tengah belajar di Indonesia.

Selama di Indonesia, mereka telah mengunjungi beberapa tujuan wisata menarik di Indonesia, khususnya di Yogyakarta. Dalam sesi kesan pesan yang disampaikan para mahasiswa Tiongkok dan Belanda tersebut, mereka menyampaikan terima kasih kepada Bapak Tri Sugiarto, M.Hum. selaku Ketua Divisi BIPA FBS UNY yang telah membantu proses birokrasi belajar mengajar di FBS UNY, tak lupa kepada para dosen pengajar yang telah membagikan ilmunya mengenalkan budaya dan bahasa Indonesia, serta kepada para staf dan karyawan FBS UNY. Mereka mengaku terkesan dengan keramahan warga FBS UNY dan layanan FBS UNY yang baik.

Bapak Rohali, M.Hum. selaku Wakil Dekan II mewakili Dekan FBS UNY memberikan transkrip nilai hasil belajar kepada para mahasiswa asal Tiongkok dan Belanda tersebut sebagai sesi terakhir acara penutupan program transfer kredit tahun ajaran 2015/2016 tersebut. (anjarrh)