Anggara Membuat Pameran Tunggal Seni Rupa

FBS-KARANGMALANG. Meskipun telah dilaksanakan pada (23-25/2) yang lalu di ruang Pameran Seni Rupa FBS UNY, pameran "Solo Exhibition of Anggara", mahasiswa Seni Rupa FBS UNY masih dibincangkan beberapa mahasiswa Seni Rupa FBS UNY. Adalah Lutfian Putra  Anggara, mahasiswa angkatan 2010 Pendidikan Seni Rupa UNY yang menyelenggarakan pameran bertajuk Merekam Proses Sengketa di Sengketa 122. Sambil memperlihatkan lukisannya, Anggara menuturkan bahwa pameran tunggal yang dibiayai sendiri ini merupakan ide kreatif pribadi sebagai satu tangga pertama dia menuju keintimannya dengan karya-karya rupa.

Ditanya soal aliran yang digunakan, Anggara menyebutnya “Multi  genreisme”, yakni penggabungan seluruh aliran yang dituangkan dalam satu wadah.  Memang, karya-karyanya tampak memukau di dinding-dinding ruang Pameran Seni Rupa. Dari karya-karya tersebut tersirat sebuah opini Anggara yang tidak mendewakan nilai yang didapat di ruang akademik. Anggara hanya berharap agar dia terus berkarya dan mendapat pengakuan dari penikmat seni dan masyarakat.

Suasana sendu yang dihadirkan Sapu Lidi Music dalam pameran tunggal ini membuat pengunjung benar-benar menikmati keindahan lukisan tersebut. “Menarik dan penuh teka-teki melihat lukisan ini, saya menyukai lukisan ini,” komentar Dinda, salah pengunjung pameran siang itu. (tica)