APEL PAGI TIAP SENIN, UNTUK MENINGKATKAN NASIONALISME DAN KEBERSAMAAN CIVITAS ACADEMIKA DI MASA PANDEMI

Keterangan Sumber Foto: 
Humas FBS UNY

APEL PAGI TIAP SENIN, UNTUK MENINGKATKAN NASIONALISME DAN KEBERSAMAAN CIVITAS ACADEMIKA DI MASA PANDEMI

Setiap Warga Negara Indonesia wajib memiliki Nasionalisme dan rasa cinta terhadap tanah air, begitu pun dengan para ASN.Berkaitan dengan itu, Senin (09 Agustus 2021) FBS UNY menyelenggaraan Apel Pagi, sesuai dengan Surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor B/81/M.KT.00/2021 tanggal 14 Juni 2021 mengenai himbauan pelaksanaan apel pagi dan dalam rangka memelihara dan meningkatkan rasa kebangsaan dan cinta tanah air, pengabdian terhadap negara dan rakyat Indonesia, serta ketaatan terhadap ideologi Pancasila dan UUD RI Tahun 1945.

Dalam Himbauan tersebut ASN di lingkungan Instansi Pemerintah diminta melaksanakan Apel setiap Senin Pagi, memperdengarkan lagu kebangsaan Indonesia Raya setiap Hari Selasa dan Kamis pukul 10.00 waktu setempat serta membacakan naskah Pancasila setiap Rabu dan Jum'at pukul 10.00 waktu setempat.

Dekan FBS UNY Dr.Sri Harti Widyastuti, M.Hum dalam sambutannya menyampaikan bahwa Apel Pagi ini juga merupakan upaya untuk memupuk rasa kebersamaan. Rasa kebersamaan penting dalam sebuah organisasi, sebab memiliki makna sebuah ikatan yang terbentuk karena rasa kekeluargaan/persaudaraan, lebih dari sekedar bekerja sama atau hubungan profesional biasa. Kebersamaan harus diciptakan dan dijaga oleh setiap individu yang tergabung didalamnya

." Pekerjaan yg sedemikian banyak tdk mungkin dikerjakan oleh satu atau dua orang saja, dengan kebersamaan maka pekerjaan ringan dan cepat selesai. Beberapa moda penerimaan mahasiswa baru baik jalur reguler maupun RPL, Kerjasma MBKM S1 dan S2 sdh dilaksanakan, Softkskill sedang berlangsung, sebentr lagi PKKMB., perkuliahan semester Ganjil juga segera mulai. Mari kita siapkan perlengkapan perkuliahan"S3 IPB juga sudah terintegrasi ke FBS, kita bersyukur FBS menjadi utuh dan besar. Fakultas juga sedang berbenah, memperbaiki sarana prasarana perkuliahan sehingga nanti kalau sudah luirng keadaan menjadi lebih baik.

"Mari kita tingkatkan kebersamaan, kedisplinan dan humanitas di bidang akademik, SDM, organisasi, kerjasama, kemahasiswaan yang menjadi kekuatan kita", ujar Ibu Dekan menutup sambutannya.

Apel pagi diikuti oleh lebih dari 230 dosen dan tendik di lingkungan FBS UNY, dari pukul 08.00 dan diakhiri pukul 08.30 WIB.(drsa)