APRILIA MUKTIRINA MENJUARAI LOMBA ILUSTRASI 250 TAHUN FABER-CASTELL

FBS-Karangmalang. Satu lagi prestasi membanggakan fakultas diukir oleh mahasiswa FBS. Adalah Aprilia Muktirina, seorang mahasiswi Jurusan Pendidikan Seni Rupa yang berhasil meraih Peringkat Terbaik Ketiga dalam Lomba Ilustrasi yang diselenggarakan Faber-Castell Indonesia. Lomba yang digelar dalam rangka perayaan “250 Tahun Faber-Castell” ini mengangkat tema “My City, My Resposibility”. Bukan suatu kebetulan tema ini dipilih, karena Faber-Castell memang bertujuan turut mengkampanyekan Go Green dalam balutan kemeriahan perayaan.

Dalam situs resmi Faber-Castell Indonesia, Dr. Iwan Gunawan, juri dari Institut Kesenian Jakarta (IKJ) mengatakan bahwa penentuan pemenang didasarkan atas ide kreatif yang sejalan dengan tema yang fokus menyatu dalam gambar. Teknik dan gambar yang bagus juga yang dipilih sebagai pemenang utama, tambah juri dari ITB, Dr. Priyanto Sunarto. Maka setelah menjalani seleksi yang panjang, terpilihlah April sebagai salah satu pemenang.

Kejelian putri Rismariyanto dan Anon Ledowati ini dalam memproses tema ke dalam ilustrasi memang patut diakui. Ia mengambil konsep kepedulian lingkungan yang paling sederhana, yaitu membuang sampah pada tempatnya. Ide ini ia tuangkan dalam goresan warna-warni yang berani dan harmonis. “Ada Pak dalang yang memainkan wayang berbentuk tempat sampah dan orang, lalu ada sungai-sungai yang bersih mengalir,” ungkap April tentang gambarnya.

Menggambar adalah hobinya sejak kecil, lagipula itulah sebabnya ia menekuni bidang studi ini hingga perguruan tinggi. Memang sejak SMA, April sering memenangkan piala berbagai lomba lukis dan menggambar. Selain itu, ia juga suka bermain piano dan menjadi keyboardist di UKM SICMA.

Gadis manis asli Bantul ini mengaku tak pernah terbayangkan dapat menyisihkan 470 peserta lain yang berasal dari lima kota di Indonesia, yakni Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Bali. Atas prestasinya, ia berhak atas hadiah Rp 5.000.000, 00 dan paket produk dari Faber-Castell. (Diyan)