Bahas Isu Gender, Mahasiswa FBS Ikuti Konferensi Internasional

Paper dengan judul “An Analysis of Gender Bias in EFL Textbooks Issued by Indonesian Government” karya Rasman, Rizal, dan Rahma Fitriana mendapat respon positif dalam 2nd Annual International Conference on Language, Literature, & Linguistics di Singapura pada 17-18/06 lalu. Ketiga mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta (PBI FBS UNY) 2010 berhak mempresentasikan paper mereka di hari kedua (18/6).

Rasman, si Mahasiswa Berprestasi (Mapres) 2013 FBS itu mengisahkan bahwa papernya cukup mendapatkan respon yang positif dari peserta. “Bahkan pada sesi tanya jawab, Prof. Dr. Eijun Senaha dari Hokkaido University, Japan tertarik dengan metode yang kami gunakan dan menanyakan beberapa detail dari metode dan framework-nya. Ia juga terlihat mencatat apa yang kami sampaikan. Tak hanya itu, Ms. Nancy Tsai dari University of Ottawa, Kanada juga  menganjurkan kami untuk merekomendasikan temuan-temuan kami kepada pemerintah Indonesia,” ujar Rasman.

Selain mendapat kesempatan presentasi, paper ini juga diterbitkan dalam L3 2013 Conference Proceedings pada hal 107-112 dengan nomor 10.5176/2251-3566_L313.67. “Paper kami juga dapat diakses dalam situs GSTF melalui Digital Library-nya,” jelas Rasman yang baru saja menjadi Best Speaker 2 dalam National English Education Debate 2013.

Kegiatan ini merupakan kegiatan yang kali kedua diselenggarakan Global Science and Technology  Forum (GSTF) dan bertemakan “To speak a language is to take on a world, a culture”. Ditanya mengenai hasil selama mengikuti konferensi ini, Rasman berujar, “Hasil dari kegiatan ini diantaranya adalah banyaknya feedback yang kami dapat serta networking dalam dunia bahasa, sastra, dan linguistik.” (Fitriananda/Rasman/Humasfbs)