BELAJAR BAHASA THAILAND BERSAMA BIPA FBS UNY

Keterangan Sumber Foto: 
Humas FBS UNY

BELAJAR BAHASA THAILAND BERSAMA BIPA FBS UNY

BIPA FBS UNY yang diketuai Dr. Ari Kusmiatun, M.Hum, dalam salah satu programnya yaitu Seri Belajar Bahasa Asia, menyelenggarakan Belajar Bahasa Thailand bersama Nisachon Chuchai. Kegiatan ini merupakan kerjasama BIPA FBS UNY dengan Prodi ASEAN Study Walalailak University Thailand.

Kegiatan direncanakan sebanyak 10 kali pertemuan secara daring setiap Senin, Rabu, dan Jumat pukul 10.00 sd. 12.00 WIB. Materi kursus lebih difokuskan pada Bahasa Thailand untuk komunikasi lisan.

Kursus hari pertama sekaligus Pembukaan dilaksanakan hari Rabu, 11 Agustus 2021, yang juga dihadiri Dekan FBS UNY Dr. Sri Harti Widyastuti, M.Hum, Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama Prof. Dr. Siswantoyo, M.Kes.,AIFO, Wakil Dekan Bidang Akademik, Perencanaan dan Kerjasama Dr. Maman Suryaman, M.Pd., Dekan School of Political Science and Law Walalailak University Prof. Dr. Surasit Vajirakachorn, Tutor, dan peserta kursus yang berjumlah hampir 40 orang.

Prof. Siswantoyo dalam sambutannya mengungkapkan bahwa Kursus Bahasa Thailand ini merupakan kegiatan yang didorong dalam rangka menjalin kolaborasi kerjasama dengan universitas di luar negeri.

Kegiatan ini sangat strategis dan saling menguatkan, dan merupakan langkah yang kesekian kalinya dari langkah sebelumnya. Diharapkan kegiatan bersama ini akan mendorong program lain, di antaranya join research dan publikasi.

Saat keadaan sudah kembali normal diharapkan UNY bisa mengirimkan dosen ke Walailak sbg Visiting Professor sekaligus joint research dan joint publication, dan student mobility yang dikemas dalam Program 5 in 1 agar lebih efektif.

"Bersama kita bisa, bersatu kita maju, bermitra kita juara. Untuk menuju World Class University perlu merapatkan barisan, mendekatkan program yang kita inisiasi menjadi program yang kita dorong bersama", demikian disampaikan Prof. Siswantoyo di akhir sambutannya.

Kursus hari pertama berlangsung lancar, dengan materi dasar komunikasi lisan praktis yang digunakan dalam percakapan sehari-hari. Peserta sangat antusias untuk berpartisipasi dan bergantian praktik langsung cara berkenalan dalam Bahasa Thailand. (drsa)