Delegasi University of Malaya Gandeng 5 Dosen FBS dalam Penelitian

FBS-Karangmalang. Delegasi CCISUM (Communication and Cultural Innovation and Support, University of Malaya), Dr. Michael Hadzantonis, safari akademik ke FBS, UNY, pada Selasa (20/01/2015). Kegiatan UM ke kampus ungu itu adalah untuk menjalin kerjasama dalam publikasi ilmiah se-Asia Tenggara. Safari akademik UM diterima dengan baik oleh Wakil Dekan FBS Dr. Widastuti Purbani, M.A., dan lima doktor dari bidang bahasa dan seni: (1) Dr. Kastam Syamsi, M.Ed., (2) Drs. Hadjar Pamadhi, M.A. (Hons), (3) Dr. Ayu Niza Machfauzia, M.Pd., (4) Dr. Agus Widyantoro, M.Pd., dan (5) Dr. Dwiyanto Djoko Pranowo, M.Pd. Ditemani oleh koleganya, Dr. Michael Hadzantonis mewawancarai secara interaktif dengan kelima doktor tersebut.

Menurut pengakuannya, hasil dari wawancara itu akan dinarasikan. “Setelah dipindai dari rekaman ke tulisan, narasi tiap wawancara yang mengangkat persoalan penelitian masing-masing hendak dipublikasikan ke laman kami (University of Malaya),” ungkap lulusan The University of Melbourne itu.

Ikhtiar UM ke FBS UNY disambut baik oleh Dr. Widyastuti Purbani, M.A. “Kedatangan UM ini kami apresiasi. Sebab, ke depan delegasi UM akan terus melakukan kerjasama setahun sekali dengan FBS. Tentunya hal itu akan berdampak pada peningkatan kualitas sumber daya dosen FBS lebih baik; mengingat kerjasama UM terkait dengan penelitian. Rencana ke depan, tak hanya kegiatan wawancara yang dinarasikan saja. Namun, penelitian dosen juga bisa dipublikasikan ke website UM—dan juga sebaliknya,” papar dosen yang dikenal sebagai pakar sastra anak, tatkala ditemui di kantornya. Konsentrasi lembaga CCISUM, lanjutnya, sangat relevan dengan bidang di Fakultas Bahasa dan Seni. “Bidang seperti humaniora dan seni menjadi fokus mereka,” pungkasnya.

Jalinan relasi dalam bidang penelitian antara UM dan FBS itu sejalan dengan ikhtiar UNY yang hendak menuju universitas kelas dunia (world class university). Selain itu, dengan kerjasama penelitian antar universitas, dosen maupun mahasiswa dapat meningkatkan kapasitas akademiknya (khusus dalam kompetensi riset) di kancah internasional. Selamat! (Rony/HumasFBS).