Dengan Kerja Harmonis, FBS Siap Mengabdi Di Tahun 2015

FBS-Karangmalang. Tonggak awal tahun 2015 kepemimpinan Prof. Dr. Zamzani, M.Pd. ditandai oleh Rapat Kerja (Raker) tahunan pada akhir pekan (14-15/02/2015). Pelbagai elemen yang tergabung dalam jajaran pejabat se-FBS turut menyampaikan sumbangsih pemikiran demi kelancaran kinerja tahun 2015. Setidaknya, garis besar pembahasan yang dibahas meliputi bidang akademik, sarana-prasarana dan keuangan, serta kemahasiswaan. Dalam pelaporan arah kerja FBS setahun mendatang, Prof. Dr. Zamzani, M.Pd.  menyampaikan batas-batas pengembangan fakultas wajib mengacu pada Renstra fakultas. “Namun demikian, sampai saat ini Renstra 2015-2019 masih dalam proses. Oleh karenanya, acuannya ialah Renstra UNY,” ungkapnya. Ia menambahkan pula tentang RKT dan RKPT fakultas harus dipayungi visi-misi fakultas yang diturunkan dari visi-misi universitas. “Selanjutnya, program pengembangan jurusan/program studi dipayungi oleh visi-misi jurusan/program studi yang diturunkan dari visi-misi fakultas. Program unggulan yang dimiliki oleh setiap unit diharapkan terus diupayakan peningkatan dan pengembangan dengan ditunjukan oleh adanya program yang terstruktur,” papar Profesor ilmu bahasa itu.
     Pada presentasinya dalam Raker, Prof. Dr. Zamzani, M.Pd. memaparkan arah pengembangan fakultas tahun 2015. Fokus pengembangan tersebut sebagai berikut. (1) Bidang Tridharma Perguruan Tinggi; (2) Bidang Sarana dan Prasarana; (3) Bidang Kemahasiswaan; (4) Bidang Sumber Daya Manusia; (5) Bidang Pengelolaan dan Ketatalaksanaan; serta (6) Bidang Humas dan Kerjasama. Pencapaian keenam ranah pengembangan tersebut, lanjutnya, diperlukan pemahaman mengenai kebijakan dan program yang dicanangkan oleh lembaga, dan kesadaran akan pentingnya kerja sinergis. “Budaya kerja sinergis dari semua pihak terus dibina dan dikembangkan menjadi mengita dalam rangka mendukung keterlaksanaan program yang telah dirancang bersama,” harapnya.
    Rencana kerja 2015 pada bidang akademik (Dikjar, penelitian, PPM, pengembangan  SDM dan kerjasama) di antaranya sebagai berikut. (1) Dikjar: memantapkan Kurikulum 2014 FBS di semua Prodi, pengingkatan AEE di setiap Prodi (pemerataan), pemendekan masa studi di setiap Prodi; target maksimal 4,8; (2) Penelitian/PPM/Penulisan Karya Ilmiah: Meningkatkan jumlah judul penelitian dan PPM dengan cara meningkatkan alokasi/dana penelitian/PPM fakultas, serta memperluas kerjasama penelitian; (3) Pengembangan SDM: meningkatkan frekuensi dan kualitas pemantauan studi lanjut dosen yang belum S-2—target 2015 semua dosen sudah bergelar S-2; dan (4) Kerjasama dan Humas: Meningkatkan kualitas layanan mahasiswa internasional program S-1 maupun transfer kredit.
    Pada bidang II (Sarana-prasana dan Keuangan), rencana program kerja 2015 di antaranya: (1) Administrasi: APIKS; (2) Pengalokasian dan pengendalian keuangan; (3) Pengembangan SDM (Tendik); (4) Pemeliharaan dan pengadaan alat; (5) Pengadaan BHP; (6) Pemeliharaan dan pengadaan gedung; dan (7) Penataan dan pemeliharaan lingkungan. Selanjutnya, prioritas program  bidang III (Kemahasiswaan), yakni: (1) Peningkatan prestasi mahasiswa FBS pada tingkat lokal, nasional, dan internasional; (2) Penyaluran bakat dan minat; (3) Pendidikan karakter; (4) Kesejahteraan mahasiswa; (5) Penalaran; dan (6) Seni. Selamat dan sukses! (Rony/Humas FBS).
 

Tags: