Eksplorasi Penelitian UKMF-P Limlarts ke Desa Kasongan

FBS-Kasongan. Sabtu (22/10) Tiga puluh mahasiswa FBS bertolak ke Desa Kasongan Bantul untuk melakukan eksplorasi penelitian. Ketua UKMF Penelitian Limlarts, Zasqia Damai, menjelaskan, kegiatan tersebut bertujuan mengajak mahasiswa mendekatkan diri dengan masyarakat demi menemukan permasalahan dan potensi daerah. Setelah eksplorasi, kata Zasqia, mahasiswa akan dipandu untuk mewujudkan solusi dan ide-ide mereka melalui pembuatan program penelitian.

Sesampainya di lokasi, rombongan mendengarkan presentasi riwayat desa Kasongan dari seorang pengurus desa wisata, selanjutnya acara berakhir dengan tanya jawab. Proses Pengelolaan usaha Kasongan dan pembuatan gerabah menjadi topik yang banyak ditanyakan. Kegiatan berlanjut dengan praktik membuat gerabah kreasi sendiri. Berawal dengan demo yang dilakukan seorang pengrajin, peserta lalu mencoba membuat gerabah menggunakan teknik cetak dan manual.

Para pengrajin industri gerabah menyambut baik kegiatan ini. Selama eksplorasi ke ‘dapur-dapur industri’, mereka melayani setiap pertanyaan peserta tentang usaha gerabah, pemanfaatan bahan dasar, dan kendala proses. Seorang pekerja di dapur industri Pak Temu mengemukakan, “Karena masih menggunakan alat pembakaran tradisional, terkadang susah menentukan suhu yang tepat selama pembakaran dan pengeringan,” keluhnya, “Akibatnya beberapa gerabah retak dan biasanya tidak bisa dipakai lagi.” Di tempat lain, seorang pekerja juga berkomentar, “Buyer produk Kasongan kebanyakan dari luar negeri, tapi orang lokal malah membeli produk kita di negeri orang itu,” Kelakarnya disambut tawa peserta dan pekerja-pekerja lain.

Hasil observasi dan wawancara dengan para pengrajin ini lalu menjadi bahan diskusi peserta dalam penemuan solusi permasalahan dan potensi usaha daerah. Peserta dipandu mewujudkan ide melalui penelitian dalam bentuk PKM-P (Penelitian), PKM-M (Program Pengabdian Masyarakat), PKM-T (Penciptaan Teknologi) dan PKM-K (Program Kewirausahaan). Hasil diskusi setiap kelompok lalu dipresentasikan dan diapresiasi dengan berbagai bingkisan hadiah. (Febi)