"English For Holidays 2013: Whizz Kids Wise Kids"

FBS-Karangmalang. FBS menjadi rumah belajar bahasa bagi anak-anak selama liburan sekolah (1-12/7). Dalam program English For Holidays (EFH) 2013 yang mengusung tema Whizz kids Wise Kids, anak-anak umur 5-16 tahun tidak hanya belajar bahasa tapi juga mengenal teknologi. “Dalam perkembangan teknologi yang semakin pesat, disini anak-anak dibimbing agar mengenal dan menggunakan teknologi dengan bijak,” jelas Siwi Karmadi, M.Pd, ketua panitia EFH 2013, yang berbicara tentang tema. Selama dua minggu, anak-anak tampak menikmati kegiatan belajar sambil bermain dengan istilah-istilah teknologi dan alat teknologi. Di lingkungan FBS, tampak iring-iringan siswa sedang mengikuti instruktur yang membawa palang berbentuk cellphone untuk kelas Celly. Memang dalam kegiatan Campus Tour (2/7) saat itu, mereka sedang memburu nama-nama alat teknologi sekitar mereka dengan bahasa Inggris. Di EFH, Mereka pun berlatih menjadi reporter dan pembaca berita dengan bahasa Inggris.

Meskipun teknologi selalu dikaitkan dengan hal-hal berbau modern, EFH juga mengenalkan anak-anak dengan teknologi sederhana dalam budaya lokal. Pada Sabtu (6/7), anak-anak digiring menjadi whizz-but-wise kids dengan mendarat di Kasongan, Bantul. Di desa wisata ini, anak-anak mengenal dan bersentuhan langsung dengan teknologi pembuatan gerabah. Dengan polah lincah dan gesitnya, anak-anak mengelilingi desa wisata dan belajar membuat gerabah dengan teknologi sederhana.

Ariyanti, orang tua wali salah satu peserta, pun setuju dengan kegiatan-kegiatan menyenangkan selama EFH. “Ini sudah ketiga kalinya anak saya ikut EFH, kata anak saya yang paling dia suka itu ketika dia jadi robot saat belajar bahasa Inggris,” ungkapnya sumringah.

Kegiatan EFH ditutup dengan closing performance di Auditorium UNY (12/7).  Anak di tiap level umur berkelompok menampilkan aksi terbaiknya di panggung berdekorasi warna-warni. Pun di akhir penampilan, penampil dari semua kelompok umur kompak menyanyikan lagu tema EFH 2013, Top of the World. Tampak anak-anak yang berlari-larian di tempat penonton pun ternyata ikut bernyanyi dengan semangatnya. “I'm on the top of the world lookin' down on creation, and the only explanation I can find is the love that I've found ever since you've been around....”. (Febi/Humasfbs)