Ensemble Gitar Klasik FBS UNY Raih Juara di Jepang

FBS-KARANGMALANG – Mahasiswa FBS UNY kembali meraih prestasi di ajang internasional. Mereka adalah Robi Handoyo, Adi Suprayogi, Vaisal Andrians, dan Gita Puspita Asri. Keempatnya merupakan mahasiswa Jurusan Pendidikan Seni Musik FBS UNY yang tergabung dalam Nocturnal Guitar Quartet. Pada ajang “Japan International Ensemble Guitar Festival (JIEGF) 30th 2018” Nocturnal Guitar Quartet berhasil meraih juara 3 (tiga) dan memenangkan Harumi Award, yakni Best Performance of a Modern Guitar Piece.

Japan International Ensemble Guitar Festival (JIEGF) 30th 2018 merupakan program tahunan yang diselenggarakan oleh Japan Guitar Ensemble Association dalam bentuk kompetisi, lokakarya, dan festival yang mengundang grup gitar ensemble dari berbagai negara. Sebagai ajang yang sangat bergengsi, khususnya bagi ensemble gitar klasik di tingkat Asia, JIEGF menjadi barometer para musisi klasik di tingkat Asia. Capaian keempat mahasiswa FBS UNY tentu saja mengharumkan nama Indonesia di tingkat internasional. “Luar biasa. Capaian yang membanggakan. Saya mengucapkan selamat kepada seluruh tim, pembimbing, dan official,” ungkap Rektor UNY, Sutrisna Wibawa, melalui akun Instagramnya.

Seusai perlombaan ini mereka akan menggelar konser kebudayaan dalam rangka 60 tahun hubungan bilateral Indonesia-Jepang di National Graduate Institute for Policy Studies (GRIPS) di Tokyo pada 27 Juni. Selain itu, sebuah konser kepulangan akan digelar di Yogyakarta pada tanggal 18 Juli 2018 mendatang. Prestasi yang diraih Nocturnal Guitar Quartet merupakan kerja keras mereka selama beberapa bulan sebelum berlaga di Jepang.

Bagi kelompok gitar klasik yang terbentuk di Yogyakarta pada 17 februari 2014 ini, capaian kali ini bukanlah yang pertama kalinya. Pada 2017 yang lalu Nocturnal Guitar Quartet meraih juara pertama kategori gitar esemble pada ajang Tarrega Malaysia International Guitar Festival di Kuala Lumpur, Malaysia. Pada tahun yang sama, kelompok gitar klasik ini menjadi juara dua pada “Valerio International Guitar Festival.” Di bawah bimbingan Herwin Yogo Wicaksono, M.Pd., Bakti Setiaji,  dan Danar Gayuh Hutama Nocturnal Guitar Quartet akan terus mengasah kemampuannya sehingga dapat meraih penghargaan di ajang bergengsi tingkat internasional berikutnya. “Kami sampaikan terima kasih atas dukungan dan doa semua, terutama pihak kampus,” ungkap Robi Handoyo yang tahun ini diundang ke Italia. [dby]

Info Kepegawaian

Error | Fakultas Bahasa dan Seni

Error message

  • Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /data/websiteuny/public_html/includes/common.inc:2777) in drupal_send_headers() (line 1486 of /data/websiteuny/public_html/includes/bootstrap.inc).
  • Error: Class 'FeedsHTTPCache' not found in feeds_cron() (line 82 of /data/websiteuny/public_html/sites/all/modules/feeds/feeds.module).

Error

The website encountered an unexpected error. Please try again later.