FBS Gelar Perpisahan dengan Mahasiswa Universitas Naresuan

FBS-Karangmalang. Sebulan sudah mahasiswa Universitas Naresuan Thailand menimba ilmu di FBS (Fakultas Bahasa dan Seni) UNY dalam program Student Exchange. Kini, tiba saatnya bagi mereka untuk kembali ke negeri Gajah Putih guna mengaplikasikan ilmu dan pengalaman yang telah didapat. Maka pada Kamis 25/06/2015, segenap keluarga FBS resmi melepas kesepuluh mahasiswa tersebut dalam acara perpisahan yang dihelat di Ruang Seminar lantai 3 Gedung PLA (Pusat Layanan Akademik) FBS UNY. Dalam acara ini, hadir Dekan FBS Prof. Dr. Zamzani, Wakil Dekan I  Dr. Widyastuti Purbani, Wakil Dekan III  Dr. Kun Setyaning Astuti, jajaran dosen, karyawan, serta para mahasiswa, termasuk perwakilan mahasiswa FBS yang akan mengikuti program serupa ke Universitas Naresuan pada bulan September mendatang.

Acara yang dipandu oleh Zidnie Ilma (Sastra Inggris) dan Jaka Galih (Pendidikaan Bahasa Jawa) ini diawali sambutan oleh Herman, M.Pd. selaku Ketua Kerjasama bagian Humas FBS UNY. Selain memaparkan laporan divisi humas, Herman menyampaikan kesan yang mendalam terhadap para mahasiswa Universitas Naresuan. Sementara itu, Dekan FBS Prof. Dr. Zamzani turut menyampaikan pesannya, “Saya harap kalian menikmati masa studi kalian selama di Yogyakarta. Jangan lupakan UNY, ceritakan tentang UNY di Thailand, dan semoga sukses untuk kalian.”

Sambutan terakhir disampaikan oleh Sarunyavud Kanwanwongphaisan, atau yang akrab disapa Erik, salah satu perwakilan mahasiswa Universitas Naresuan. Erik mengucapkan terima kasih kepada semua pihak FBS yang telah membantu dan mendampinginya selama belajar di UNY. Menurutnya, program pertukaran mahasiswa ini mengajarkannya banyak hal baru serta pengalaman yang tak terlupakan.

Tak sekedar seremoni perpisahan, acara ini pun sekaligus menjadi ajang pertukaran budaya yang diwujudkan melalui pertunjukan tari. Kesepuluh mahasiswa Universitas Naresuan menampilkan Jathilan, tarian tradisional Jawa Tengah serta persembahan tarian khas dari Thailand. Sejak kuliah perdana mereka di FBS, tak hanya materi perkuliahan yang didapat, namun mereka juga berkesempatan untuk mempelajari budaya Indonesia.

Selanjutnya, penyerahan sertifikat dilakukan secara simbolik oleh Dekan FBS sebagai bukti bahwa mereka pernah mengenyam pendidikan selama satu bulan di FBS UNY. Dalam kesempatan yang sama, penyerahan kenang-kenangan kepada masing-masing mahasiswa Universitas Naresuan diwakili oleh Herman, M.Pd. dan Dr. Widyastuti Purbani.

Tak lupa, video yang menampilkan kilas balik memori mahasiswa Naresuan bersama para tutor dan pendamping turut diputar dalam acara ini. Sesi tersebut berlangsung haru tatkala mereka mengais kenangan selama empat minggu masa perkuliahan di Kampus Ungu. Acara perpisahan pun ditutup dengan foto bersama. (Devi/Eri/Muvida/HumasFBS)