FBS RANGKUL UNIVERSITAS CHULALONGKORN DAN KASETSART THAILAND

FBS-Karangmalang. Fakultas Bahasa dan Seni UNY mengakhiri Program internasionalisasinya dengan melakukan lawatan ke dua universitas terkemuka Thailand yaitu, Universitas Chulalangkorn dan Universitas Kasetsart. Kunjungan ini berlangsung dari tanggal 6-9 November 2015. Delegasi FBS berjumlah 4 dosen, Prof. Dr. Zamzani (ketua Delegasi), Herman, M.Pd. (Ketua Kerjasama FBS), Dra. Alice Armini, M.Pd. (Ketua Jurusan Prodi Perancis ) dan Dra. Lia Malia, M.Pd (Ketua Jurusan Prodi Jerman).  Program ini dapat terwujud karena  buah dari pengiriman 11 mahasiswa terbaik FBS  ke Universitas Naresuan Thailand pada tanggal 5-19 September 2015. Di sela-sela kegiatan akademik dan budaya di universitas tersebut, Herman, M.Pd selaku dosen pembimbing dan Ketua Divisi Kerjasama FBS telah menyempatkan diri untuk mencoba melakukan penjajakan program kerjasama dengan Universitas Chulalongkorn dan Universitas Kasetsart. Itulah sebabnya, kunjungan delegasi FBS ini merupakan hasil kesepakatan dan sekaligus tindak lanjut dari  kunjungan tim delegasi  program Student Exchange Naresuan University.

Di Universitas Chulalongkorn delegasi FBS diterima di Fakultas Seni (Faculty of Arts)  gedung Boromrajkumari lantai 9. Dalam suasana hangat mereka berdiskusi dengan Kepala Departemen Bahasa-Bahasa Barat (Head of Western Languages Department), Ketua Seksi Bahasa Perancis dan Jerman (Head of French Section and German Section). “di universitas ini kita sedang mencoba melakukan penjajakan atau program perintisan dalam berbagai kegiatan akademik dan non-akademik, seperti dosen tamu (Guest Lecturing), penelitian kolaboratif, dan pertukaran mahasiswa (Student Exchange)”, demikian yang disampaikan  Herman,M.Pd setelah tiba di kampus Ungu. Sementara itu, Ketua Delegasi FBS Prof.Dr.Zamzani mengatakan bahwa hasil yang sangat positif dari kunjungan ini adalah disepakatinya untuk melakukan kegiatan seminar internasional bidang sastra pada tahun 2016, short course, sit in dan dilanjutkan dengan MOU antara kedua universitas.

Berbeda dengan di Universitas Chulalongkorn, di Universitas Kasetsart delegasi FBS tidak lagi melakukan perintisan melainkan melakukan program pengembangan kegiatan dari MOU yang telah ditandatangani antara UNY dan Universitas Kasetsart. Dengan penuh keramahan, mereka diterima oleh Dekan Fakultas Humaniora, Direktur Kantor Urusan Internasional, dan Ketua Seksi Perancis dan Jerman.  Di samping program seminar bersama, dosen tamu (Guest Lecturing), penelitian kolaboratif, dan pertukaran mahasiswa (Student Exchange), terdapat kesepakatan tambahan yang penting yaitu akan dilaksanakan program transfer kredit selama 1 semester di tahun 2016 setelah diadakan diskusi perbandingan kurikulum bahasa Perancis dan Jerman. (Setiawan-Humas FBS)