FBS UNY Mengirim Pertukaran Mahasiswa ke Belanda

FBS-Karangmalang. Dinginnya udara Bandara Schiphol, Amsterdam Sabtu (30/09) sore itu tidak mengurangi semangat rombongan Fakultas Bahasa dan Seni UNY menempuh perjalanan udara yang panjang sejak pagi. Sambutan hangat Marieke dan Dim, Dosen PABO Fontys University of Applied Sciences membuat udara Belanda seketika menjadi sejuk. Rombongan FBS UNY yang terdiri dari Anggyta Aulia Rahma Nardilla (PB Jawa/2016), Danika Rahma Irianti (Sasing/2015), Liana Irawati (PB Prancis/2015), Maulida Novia Salma (PBI/2015), Vita Zahrah Safitri (PB Jerman/2015), dan Lusi Nurhayati S.Pd., M.App.Ling. selaku dosen pendamping mahasiswa memulai kegiatan di kampus Tilburg sejak Senin (02/10) diawali dengan mengikuti kelas First Certificate in English. Kelas tersebut merupakan kelas tambahan yang diajarkan oleh Marieke bagi mahasiswa Fontys dari berbagai bidang studi untuk memperdalam kemampuan berbahasa inggris.

Melalui sit-in di kelas tersebut mahasiswa FBS UNY dapat mempelajari pola belajar di dalam kelas mahasiswa Fontys, mulanya dosen memberikan feedback terhadap tugas yang dikerjakan oleh mahasiswa minggu sebelumnya, mahasiswa diajak aktif berpendapat dan mengoreksi tugas bersama, selanjutnya membahas materi dari buku dan mengerjakan tugas menulis essay untuk dikumpulkan di pertemuan selanjutnya. Tidak hanya itu, mahasiswa FBS berkesempatan sit-in di kelas Professional Skills : Communication in and outside the Classroom, kelas linguistik, kelas keterampilan dan budaya perancis, kelas bahasa jerman, dan sebuah perayaan hari guru atau Dag der Leraar dirayakan oleh seluruh mahasiswa dengan mengikuti Workshop Make Up Karakter pada minggu pertama program student exchange tersebut.

Memasuki minggu kedua, kelima mahasiswa FBS melaksanakan Workshop TPR dalam bahasa indonesia. TPR adalah Total Physical Response, suatu metode yang digunakan pendidik untuk penyajian dalam pengajaran khususnya bahasa asing yang dalam hal ini ialah bahasa Indonesia. Melalui workshop ini mahasiswa FBS mengajak peserta workshop untuk memainkan permainan tradisional indonesia yaitu Congklak dan Bola Bekel. Tak hanya mengadakan workshop, mahasiswa student exchange juga menampilkan pertunjukan musik Angklung dengan membawakan lagu tradisional Gundul-Gundul Pacul dan lagu Viva La Vida dari Coldplay. Kunjungan rombongan FBS ini juga disambut oleh dua mahasiswa Fontys yang pada semester genap 2017/2018 akan belajar di FBS UNY. [anjar]

Foto lainnya di sini.

Info Kepegawaian

Error | Fakultas Bahasa dan Seni

Error message

  • Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /data/websiteuny/public_html/includes/common.inc:2777) in drupal_send_headers() (line 1486 of /data/websiteuny/public_html/includes/bootstrap.inc).
  • Error: Class 'FeedsHTTPCache' not found in feeds_cron() (line 82 of /data/websiteuny/public_html/sites/all/modules/feeds/feeds.module).

Error

The website encountered an unexpected error. Please try again later.