Fun English Club: Bahasa Inggris yang Menyenangkan Selalu Ada untuk Anak

FBS-Karangmalang. Penegasan tiadanya bahasa Inggris di tingkat SD dalam Kurikulum Pendidikan 2013 tidak berarti memadamkan misi mencerdaskan kemampuan linguistik siswa sejak dini. “Justru ini bisa menjadi faktor pendorong terbentuknya program-program bahasa Inggris yang dikemas dalam konsep pembelajaran yang sesuai bagi anak,” ungkap Nury Supriyanti, M.A., pakar pendidikan di bidang English for Children (EFC).

Persiapan calon guru bidang konsentrasi EFC di UNY kemudian digiring untuk membuat program-program pembelajaran bahasa Inggris yang dikemas menarik untuk anak. Ini terdorong dari pangsa masyarakat yang sudah memahami pentingnya bahasa Inggris diajarkan sejak dini terlepas tidak adanya pelajaran ini di sekolah dasar. “Kami membuat konsep program EFC saat mengambil mata kuliah Program Development of EFC kemudian kami terapkan konsep ini untuk mata kuliah Practicum of EFC,” ungkap Wulan, mahasiswa EFC angkatan 2009. Alhasil, terbentuklah program Fun English Club bagi siswa SD selama Maret-April 2013.  

Sesuai namanya, Fun English Club mengaplikasikan pembelajaran bahasa Inggris yang menyenangkan bagi anak. Berbagai media dan aktivitas permainan banyak digunakan teacher students untuk membuat anak senang belajar sambil bermain. Konsep pembelajaran yang bersifat tematik juga diterapkan untuk belajar tentang lingkungan sekitar tanpa siswa sadar penuh bahwa mereka juga sedang belajar bahasa. Kegiatan berlangsung setiap hari Senin, Rabu, Jumat pukul 15.30 wib. di FBS. Tidak hanya di dalam kelas, kegiatan barbeque party dan field trip to Gembira Loka Zoo juga tak luput menjadi kegiatan belajar bahasa yang menyenangkan bagi anak. (Febi/HumasFBS)