HIMA PBSI UNY ADAKAN SAYEMBARA DOGENG TINGKAT SMP SE-DIY

FBS-Karangmalang. HIMA PBSI UNY Tahun 2015, membuka wadah aspirasi siswa SMP dalam bidang dongeng dengan tema “Wawasan Nusantara Melalui Apresiasi Dongeng”. Lomba dilaksanakan pada hari Jumat, (30/10) lalu bertempat di Lab. Karawitan, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Yogyakarta.

Sebagai lembaga atau ormawa yang bergerak dalam bidang atau ranah bahasa, Hima PBSI memang dituntut untuk selalu memberikan wadah untuk menampung aspirasi dalam bidang bahasa, tentunya baik mahasiswa maupun peserta dituntut untuk saling beradu kreatifitas. Setelah tahun sebelumnya HIMA mengadakan lomba baca puisi, cipta cerpen dan esai, maka dipilihlah dongeng sebagai lomba berikutnya. Ini baru kali pertama sepanjang sejarah bahwa HIMA PBSI mengadakan lomba dongeng, tutur Annisa Nor (PBSI 2014) selaku ketua panitia kegiatan. Dengan target peserta yang tidak terlalu banyak, panitia dapat melaksanakan tugasnya dengan sangat baik, pihak panitia dapat menarik minat peserta bahkan hingga melebihi kuota. Apresisasi baik dari pihak peserta, guru bahkan dosen juga sangat baik.

Lomba ini diadakan dalam rangka serangkaian titik akhir kepengurusan HIMA PBSI 2015. Dengan dibantu oleh mahasiswa baru angkatan 2015, panitia dapat menyelenggarakan acara dengan baik.

Panitia juga tidak membatasi peserta untuk memilih cerita atau dongeng yang akan dibacakan, bahkan peserta diizinkan untuk membuat cerita sendiri. Hal ini bertujuan agar seluruh komponen yang terlibat tidak pernah berhenti dalam berkreatifitas.

Harapannya, setelah usainya lomba ini, kreatifitas mengolah program kerja semakin meningkat dan ada tindak lanjut mengingat animo yang cukup baik sehingga dapat dipertimbangkan dalam pelaksanaan program kerja, tambah Annisa. (Palupi/Humas FBS)