HUT Hima Jawa ke-22: “Rumaketing Paseduluran Anggayuh Aruming Katresnan”

FBS-Karangmalang. Hari Ulang Tahun (HUT) selalu menjadi momentum yang sakral bagi siapa saja. Tak berlebihan jika momentum tersebut diperingati dan dirayakan secara meriah. Tampaknya hal tersebut diamini oleh Himpunan Mahasiswa (Hima) Jurusan Pendidikan Bahasa Daerah (PBD). Pasalnya, menyambut  hari jadinya yang ke-22, Hima PBD menggelar serangkaian acara yang telah disiapkan secara matang bahkan salah satu agendanya yaitu Bakti Sosial sudah diadakan semenjak April lalu.

Beberapa rangkaian acara telah digelar untuk menyambut hari jadinya tahun ini, misalnya Bakti Sosial di Panti Asuhan Al-Baroqah Prambanan, Sleman Yogyakarta pada 26 April lalu dan Donor Darah yang digelar pada 1 Mei di altar GK.IV lalu pada hari yang sama disusul  acara perlombaan Geguritan Macapatan (GUPAT) yang diselenggarakan khusus untuk mahasiswa jurusan PBD dan diikuti oleh enam kelas, yaitu kelas A, B, dan G dari dua angkatan yaitu angkatan 2011 dan 2012.

Masih dalam euforia menyambut hari jadinya, panitia HUT Hima PBD pada 7 Mei menggelar lomba Dolanan Sambung (DAMBUNG) yang melibatkan ORMAWA dan UKM-F se-FBS. Perlombaan yang berlangsung di Lapangan Voli C.13 tersebut memperlombakan permainan-permainan tradisional yang kerap kali kita jumpai pada peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia, seperti balap karung, susun ukara atau menyusun kalimat, pecah balon, makan pare, pukul air, dan susun koin. Tampil sebagai pemenang dalam perlombaan ini, juara pertama direbut oleh kelas B angkatan 2011 jurusan PBD dan juara kedua ditempati UKM-F Al-Huda.

Tibalah pada malam puncak HUT Hima PBD ke-22 yang digelar secara meriah. Bertempat di Stage Tari FBS dan dalam balutan nuansa Jawa perhelatan akbar itu pun digelar (16/5). Acara secara simbolis dibuka oleh empat orang penari yang membawakan tarian Golek Sulung Dayung. Pada malam puncak ini, panitia menyuguhkan berbagai macam pertunjukan untuk menghibur penonton yang memadati Stage Tari FBS, seperti Kolaborasi Musik Tradisional dan Modern yang dibawakan Sanggar Karawitan dan Musik Modern yang tak lain merupakan salah satu sanggar dibawah naungan Divisi Bakat dan Minat (BAKMI) Hima PBD dan persembahan pamungkas, teater Jawa modern “Dedes:  Nareswari Pradyo Paramita” yang disutradarai oleh Ryco Vendy Aminity mahasiswa PBD angkatan 2009.

Dalam balutan tema ‘Rumaketing Paseduluran Anggayuh Aruming Katresnan’, Ichwan Januar Sulistyono selaku ketua panitia berharap hari jadi Hima PBD yang ke-22 ini mampu menjadi momentum untuk mempererat kembali tali persaudaraan antar mahasiswa jurusan PBD dari berbagai angkatan dan juga hubungan Hima PBD dengan segenap ormawa-ormawa yang ada di FBS.

Doa dan harapan tak lupa dipanjatkan untuk Hima PBD dari segenap penonton yang turut mengambil bagian dalam acara pada malam tersebut. Bahkan Wakil Dekan III FBS, Dr. Kun Setyaning Astuti, M.Pd. pun tak ingin melewatkannya. Saat memberikan sambutannya dalam bahasa Jawa, tak lupa ia haturkan doa bagi kejayaan serta kesuksesan untuk Hima PBD di masa yang akan datang. (Djwonga/Humasfbs)