Kemeriahan Galeri Seni Al-Huda

            FBS-Karangmalang. Karya seni merupakan wujud konkrit dari luapan perasaan seseorang yang dituangkan ke dalam bentuk gerak, rupa, nada, syair yang unsur-unsur keindahannya  dapat mempengaruhi perasaan orang lain. Dengan seni, seseorang juga bisa menyampaikan suatu pesan atau amanat kepada penikmat karya seni. Menyikapi hal ini, Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas (UKMF) Al-Huda pun turut serta menghadirkan salah satu wujud dari karya seni dalam ruang “Galeri Seni”.

Pada Minggu (15/12), bertempat di lantai II Laboratorium Karawitan FBS, acara Galeri Seni yang digagas oleh UKMF Al-Huda, 20 karya lukisan mahasiswa FBS yang mengirimkan karyanya kepada panitia dipamerkan pada acara Galeri Seni yang merupakan rangkaian dari pelaksanaan program kerja akhir kepengurusan. Acara yang berlangsung semenjak pukul 08.00 tersebut tidak hanya menampilkan karya lukisan mahasiwa FBS saja namun, masih di tempat yang sama, panitia pun mengadakan lomba mendongeng, menggambar, dan membaca puisi. Lomba diikuti oleh beberapa anak Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) dan siswa Sekolah Dasar (SD) di Yogyakarta.

Kegiatan ini tentu patut diapresiasi. Pada masa kini, ruang bermain dan belajar yang ramah bagi anak-anak kalah bersaing dengan persediaan kebutuhan orang dewasa. Anak-anak tidak akrab lagi dengan dunia mewarnai atau menggambar apalagi mendongeng. Anak-anak kecil pada masa kini dituntut menikmati hiburan yang sama dengan yang dinikmati orang dewasa. Bahkan lagu-lagu anak hilang dari peredaran industri musik dan anak-anak pada masa kini asing dengan lagu-lagu yang mencerminkan keceriaan dunia kanak-kanak. Acara ini merupakan gagasan sebagai usaha untuk mengembalikan anak-anak kepada dunianya yaitu dunia bermain dan berkreasi.

 Hal ini senada dengan penjelasan Muhammad Fajar Trianto selaku ketua panitia. Ia menilai galeri seni ini adalah media untuk mewadahi penyaluran bakat teman-teman FBS dan anak-anak TPA se-Yogyakarta, khususnya di bidang seni rupa. Menurutnya, kegiatan ini juga untuk menjalin silaturahmi antarmahasiswa dengan cara berpartisipasi sekaligus mengapresiasi karya.

Tidak hanya memamerkan 20 karya mahasiwa FBS dan perlombaan yang melibatkan anak-anak, acara tersebut juga diwarnai dengan sesi mendongeng yang dibawakan oleh Kak Tedy. Dalam dongengnya, Kak Tedy berpesan kepada anak-anak agar berdo’a terlebih dahulu sebelum melakukan aktivitas apapun. Di akhir acara, panitia menambah kemeriahan acara Galeri Seni tersebut dengan menampilkan group nasyid Sintesa, A Plus, dan beberapa band indie Jogja. (Djuwariyah Wonga/HUMAS FBS)