Konser Jazz Penuh Kejutan

Konser Jazz Orkestra Violet mengundang Idhi Prabawanto dan Agung Prasetyo di auditorium UNY menjadi puncak serangkaian acara musik yang diadakan Jurusan Musik FBS bekerja sama dengan mahasiswa semester empat jurusan Musik FBS UNY. Acara ini digelar dalam rangka tugas mata kuliah Managemen Seni Pertunjukan jurusan musik semester empat. Menurut Heni Kusumawati, M.Pd, Ketua Jurusan Musik FBS, acara ini dimaksudkan untuk memberi motivasi pada mahasiswa jurusan musik agar terus berkarya, selain memberi pengalaman praktik managemen pertunjukan.

angkaian acara dimulai pada 17 April dan berakhir 18 April 2010 dengan diawali workshop musik Jazz, diskusi manajemen panggung bersama Bens Leo dan Ati Ganda, kemudian ditutup penampilan Orkestra Violet, Idhi Prabawanto, Agung Prasetyo, Fariz, serta penampilan Rahma sebagai vokal dan Kenny, penyanyi Jazz cilik. Beberapa nomor yang dibawakan hasil karya aransemen Idhi Prabawanto, selebihnya kolaborasi antara Idhi dan Agung.

Konser yang digelar malam pukul 19.00 itu menampilkan sepuluh judul nomor, antara lain Menghujam Jantungku, Love, Spain, Jali-jali, Prahu Layar, Natureboy, melayang, dll. Hampir di akhir acara, konser ini memberi kejutan pada penonton dengan memanggil ketua jurusan musik untuk menyumbangkan dua buah lagu. Selain itu, Agung Prasetyo juga memanggil beberapa dosen musik lainnya untuk memberi performance spontanitas.  

Menurut Drs. Herwin Yoga Wicaksono, Pembantu Dekan III FBS dalam sambutannya menyatakan, “Eksistensi pendidikan seni musik di bidang konser memang mengalami kemajuan apalagi satu-satunya jurusan musik dalam lingkup pendidikan yang memiliki orkestra maju hanya ada di UNY." (Tika)