Kreasi Kerajinan Tangan Kain Flanel Mahasiswi FBS

FBS-Karangmalang. Siapa menyangka dari sekedar iseng, sekumpulan mahasiswa PB Jerman, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Yogyakarta (FBS UNY) ini akhirnya  menjadi salah satu pelaku industri kreatif di Indonesia. Memanfaatkan kain flanel, Henning Isnainia Fazrin, Annisa Dwi Sakti, Pujiati, dan Sulistanti berhasil mengolahnya menjadi berbagai kreasi kerajinan tangan lucu dan bernilai ekonomis.

Berawal dari seringnya mereka berkumpul, ngobrol, dan bermain bersama, keempat mahasiswi angkatan 2009 tersebut sepakat ingin menciptakan aktivitas yang bermanfaat lebih dari sekadar apa yang biasa dilakukan. Pada 1/11/2011 dipilihlah “GKK 21” untuk menamai usaha mereka. “GKK 21” sendiri merupakan nama genk mereka.

Usaha kerajinan flanel sendiri amat prospektif sebab belum banyak yang melirik peluang usaha ini. Untuk menciptakan produknya, mereka sengaja membuatnya sendiri. “Dalam hal pemasaran kami memilih jalur online dan kami tawarkan pada teman kuliah, tetangga, dan kerabat dekat,”  jelas Henning selaku tim kreatif.  Usaha mereka dapat dilihat melalui situs Facebook dengan nama akun “GKK 21”.

Berbagai produk yang telah mereka hasilkan diantaranya  replika kue-kue seperti pie, tart, donat, burger, topping kue, bros, pembatas buku, tempat kado, softcase HP, berbagai aplikasi flanel lucu yang dibuat gantungan kunci, dll. Hasil yang mereka buat ini diperoleh secara otodidak.  “Ya, kami mempelajarinya sendiri lewat banyak sumber, seperti internet, buku, dan melihat dari beberapa toko pernak-pernik.” Ujar Sakti dan Sulis.

“Sekarang ini, kami hanya membuat pesanan sesuai permintaan saja,” tutur Pujiati saat ditanya kendala yang dihadapi. Kesibukan kuliah dan beberapa agenda yang mereka jalani, membuat produksi tidak bisa setiap minggu dilakukan seperti saat awal-awal terbentuk. Namun, rencana terdekatnya mereka akan bekerja sama dengan beberapa pihak untuk memasarkannya di sekolah-sekolah. (Fitriananda/HumasFBS)