Kuliah Umum PKM

FBS-Karangmalang. Mahasiswa masa kini tentu tak bisa berpaling dari tuntutan untuk terus berkreasi guna menemukan hal-hal baru yang dapat membawa kebermanfaatan bagi kehidupan umat manusia. Salah satu usaha yang memungkinkan untuk dilakukan oleh mahasiswa pada masa kini adalah melakukan penelitian ilmiah. Penelitian ilmiah sebagai sebuah produk pemikiran yang kongkrit dapat menjadi langkah awal bagi mahasiswa untuk mengembangkan daya kreativitasnya.

Menjawab tantangan ini Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (HIMA PBSI), Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta (FBS UNY) menggelar kuliah umum Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dengan tema “Meretas Kreativitas dan Meniti Prestasi: Ekspresikan PKM-mu” (19/4). Hadir sebagai pembicara Das Salirawati selaku dosen Kimia dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) yang sudah berpengalaman dalam menangani PKM mahasiswa dan diitemani Suci Winanti selaku mahasiswi Kimia yang proposal PKM-nya pernah didanai oleh DIKTI bahkan hasil penelitiannya pernah menjuarai ajang pekan ilmiah nasional (PIMNAS) pada tahun 2010.

Bertempat di Ruang Sidang PLA FBS, kegiatan perkuliahan umum ini berlangsung meriah. Pembicara menjabarkan hal-hal yang berkaitan dengan proses penulisan proposal penelitian ilmiah dan penjelasan terkait jenis-jenis PKM yang ditawarkan kepada mahasiswa diantaranya PKM Penelitian, PKM Teknologi, PKM Kewirausahaan, PKM Pengabdian masyarakat, PKM Gagasan Tertulis, dan PKM Artikel Ilmiah. Tak lupa tips-tips dalam proses penulisan proposal PKM dan pelaksanaan penelitian pun dipaparkan oleh pembicara.

Pembicara memberikan penekanan kepada mahasiswa FBS yang merasa kesulitan untuk melakukan sebuah penelitian ilmiah karena adanya anggapan yang mengatakan bahwa kegiatan penelitian hanya mungkin dilakukan oleh mahasiswa yang menggeluti disiplin ilmu alam. “Bahasa juga salah satu bagian dari sarana berpikir ilmiah. Apa yang bisa dilakukan oleh peneliti-peneliti jika tak ada bahasa. Jadi, harapan saya mahasiswa dari FBS juga melakukan kegiatan penelitian ilmiah karena sebenarnya bahasa pun sangat mungkin untuk diteliti dan dikembangkan,” jelasnya.

Hal tersebut juga senada dengan tujuan dari terselenggaranya acara kuliah umum ini. Widi Astuti selaku koordinator penyelenggara menyampaikan tujuan dari terselenggaranya acara ini. “Selain karena tuntutan program kerja HIMA PBSI, terselenggaranya acara ini pun berangakat dari fakta yang ada di lapangan selama ini. Kegiatan penelitian ilmiah seolah hanya menjadi ladang garapan mahasiswa FMIPA dan FT. Besar harapan, kuliah umum PKM ini mampu memotivasi teman-teman FBS untuk ikut serta mengambil bagian dalam kegiatan ini." Demikian papar Widi saat ditemui seusai acara. (DjWonga/HumasFBS)