Lahirnya Teater Arena di Kampus Ungu

FBS-Karangmalang. Satu lagi suguhan pementasan teater hadir di Fakultas Bahasa dan Seni (FBS). Berbeda dari empat pementasan teater sebelumnya yang berpentas di Stage Tari Tedjokusumo, kali ini mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) kelas L yang tergabung dalam Komunitas Teater Layar membawakan naskah yang berjudul AUM karya Putu Wijaya di ruang terbuka (23/12).

Pementasan teater ini adalah rangkaian dari Parade Teater PBSI 2012, dan merupakan bagian dari praktik perkuliahan Kajian Drama yang sudah dipersiapkan sejak enam bulan terakhir. Sebelumnya mahasiswa BSI kelas K (Pat Likur Teater) telah menampilkan naskah berjudul Dhemit (3/12), disusul PBSI kelas M (Teater Setengah Tujuh) membawakan judul Kisah Cinta dan Lain-lain (8/12), pada (12/12) giliran kelas K PBSI (Komunitas Akar) menampilkan pementasan berjudul Rumah Sakit Jiwa, Kelas N PBSI (Teater Sego Wungkus) mementaskan Bom Waktu, dan penutup pada (28/12) kelas G BSI (Komunitas Sederhana) menampilkan Sebelum Pertemuan Dimulai.

Aum sendiri bercerita tentang keputusasaan sekelompok warga desa menunggu jawaban atas pertanyaan-pertanyaan terkait hal-hal yang menimpa mereka selama ini dari Bupati. Di akhir cerita, para warga satu persatu mengakhiri hidup dengan bunuh diri, karena tak kunjung mendapat kepastian jawaban.

Bertempat di pelataran Gedung Kuliah IV FBS, ratusan pasang mata menjadi saksi lahirnya teater arena untuk pertama kalinyasemenjak 22 tahun diadakannya praktik pementasan teater dari matakuliah kajian drama di FBS.

Dalam wawancara bersama Suroso selaku dosen pembimbing matakuliah tersebut, ia menyampaikan kekagumannya terhadap keberanian teman-teman Komunitas Teater Layar untuk mementaskan teater arena. “Saya sangat kagum dengan keberanian teman-teman Komunitas Teater Layar yang mau menerima tantangan saya untuk mementaskan teater arena. Akhirnya setelah 22 tahun matakuliah kajian drama diadakan di FBS, hari ini lahirlah teater arena pertama di FBS bahkan di UNY”. Selamat! (Djuwariyah/Fitriananda/HumasFBS)