Launching dan Pelantikan LIMLARTS

Bertempat di Student Center (1/6), LIMLARTS (Lingkar Ilmiah Mahasiswa “Language and Arts”) menyelenggarakan launching atas keberadaannya sebagai Unit Kegiatan Mahasiswa tingkat Fakultas yang bergerak di bidang penelitian. Pembantu Dekan III, Herwin Yoga Wicaksono, resmi membuka dan meluncurkan LIMLARTS ditandainya pemotongan tumpeng yang didampingi pula oleh wakil Ketua BEM FBS, Hamdan Nugroho.

Performa karya mahasiswa FBS memang aktif di atas panggung yang dibuktikan dengan banyaknya penyelenggaraan kegiatan di bidang seni dan musik FBS di setiap bulannya. Sayangya, kekreatifan dan prestasi mahasiswa dalam karya seni dan budaya tidak diseimbangan dengan aktifnya performa mahasiswa di bidang penelitian. Herwin Yoga Wicaksono menuturkan, “Minat kepenelitian di FBS hanya dimiliki oleh 10% jumlah mahasiswa dan jangka penulisan skripsi mayoritas mahasiswa semester akhir, yang  menghabiskan rata-rata 1 tahun masa kuliah. Hal ini disebabkan sulitnya mahasiswa di bidang kepenulisan ilmiah.

”Keberadaan wadah ini menjadi langkah awal FBS yang memunculkan karya-karya ilmiah di bidang seni dan bahasa yang bekompeten dan berbobot. Sebagai masyarakat akademis, sudah selayaknya jika mahasiswa mengembangkan jiwa dan pola pikir keilmiahan disamping berkarya sehingga ada pemberdayaan dan warisan ilmu yang berguna untuk dunia akademisi dan masyarakat,” tegas Herwin.

Sebelumnya, kegiatan kepenelitian mahasiswa di FBS dinaungi oleh Departemen Riset dan Penelitian Badan Eksekutif Mahasiswa FBS. Ihsan Ismail dari Jurusan Sastra Inggris ditunjuk menjadi ketua umum yang pertama. Launching dan pelantikan ini juga disaksikan oleh UKMF penelitian dari F-MIPA, FIP, FT, dan FISE. (febi)