Lima Mahasiswa Fontys University Belanda Resmi Transfer Kredit di UNY

FBS-Karangmalang. Prestasi UNY menuju universitas kelas dunia semakin gemilang. Pada awal tahun 2014, sebanyak lima mahasiswa Fontys University Belanda akan belajar bahasa Indonesia dan budaya Nusantara di UNY. Kelima mahasiswa itu diterima secara resmi oleh Wakil Rektor IV, Prof. Dr. Suwarsih Madya, Ph.D. dan jajaran Dekan FBS pada Senin (10/02) di Gedung PLA Lantai III FBS UNY. Turut hadir pula rombongan mahasiswa dari Yunnan University dan Guangdong University (China).   

Dr. Widyastuti Purbani, M.A. (Wakil Dekan I FBS) menyampaikan bahwa kelima mahasiswa Belanda itu akan studi di UNY selama satu semester. Purbani juga menuturkan tentang metode pembelajaran yang akan disampaikan ke mahasiswa Belanda tersebut tak terlepas dari pembelajaran terintegrasi. Artinya, mata kuliah pokoknya adalah bahasa Indonesia, tetapi dalam penyampaiannya akan dihubungkan pula dengan disiplin ilmu seperti seni musik, rupa, dan tari. “Sistem pengajarannya sama dengan mahasiswa Guangdong University dan Yunnan University: menggunakan transfer kredit. Bedanya, Yunan dan Guangdong belajar di UNY selama 1 tahun (dua semester). Sedangkan mahasiswa Fontys selama 1 semester, dengan bobot 30 sks,” jelasnya.

Kerjasama akademik dengan berbagai universitas luar negeri—di benua Asia hingga Eropa—menguatkan peran strategis UNY di kancah internasional. Iktikad UNY sebagai World Class University (WCU) pun semakin membanggakan. Terbukti, UNY telah diperhitungkan sebagai Universitas Bertaraf Internasional di Belanda. Menyoal hal tersebut, Purbani juga menambahkan tentang timbal balik atas kerjasama antara UNY dengan Fontys University Belanda. “Kelak, mahasiswa UNY juga berkesempatan untuk transfer kredit ke Fontys University Belanda,” tutur Ibu yang kerap dipanggil sebagai Bu Wid di kalangan mahasiswa Sastra Inggris ini. (Rony/HumasFBS).