Lomba Puisi se-DIY: Nasionalisme sebagai Tonggak Peradaban

FBS-Karangmalang. Bukan rahasia lagi jika puisi merupakan salah satu cabang sastra favorit. Banyak dari mahasiswa bahkan yang masih berstatus murid sekolah menggandrungi bait-bait berima ini. Memanfaatkan hal tersebut, teman-teman HIMA PBSI mengadakan Lomba Puisi SMA/Sederajat se-DIY pada Sabtu (18/2) lalu. Acara yang dilaksanakan di Laboratorium Karawitan FBS UNY ini diikuti 53 peserta dari 27 SMA, SMK, dan MAN se-DIY. Dengan mengangkat tema Nasionalisme sebagai Tonggak Peradaban, HIMA PBSI mengajak para peserta untuk lebih mencintai tanah air.

“Kami berharap bisa menumbuhkan rasa cinta tanah air dan rasa syukur terhadap apa yang mereka punya lewat lomba ini,” ujar Mona Solina selaku Ketua Panitia.

Lomba puisi ini juga merupakan serangkaian acara Titik Akhir Kepengurusan HIMA PBSI 2012. Sebagaimana yang dituturkan Dyahayu Widowati, Ketua Titik Akhir HIMA PBSI, lomba ini diselenggarakan untuk menumbuhkan greget terhadap puisi sekaligus untuk memperkenalkan jurusan PBSI kepada siswa/i SMA/sederajat.

Ajang ini terdiri atas dua babak, yang pertama adalah babak penyisihan dan yang kedua yakni babak final. Ada tiga puisi yang dapat dipilih oleh peserta pada babak penyisihan, yaitu Peringatan karya Widji Thukul, Kabare Yogyakarta karya Evi Idawati, dan Catatan Harian Seorang Sultan karya Iman Budi Santosa. Sementara pada babak final ada dua puisi sebagai pilihan, yaitu Sajak Matahari karya WS Rendra dan Selamat Pagi Indonesia karya Sapardi Djoko Damono. Dewan juri sendiri terdiri atas Dr. Suroso, M.Pd. sebagai dosen pengampu mata kuliah Drama sekaligus perwakilan dari UNY dan PBSI sendiri, Dra. V. Risti Ratnawati, M.A. dari Balai Bahasa Yogyakarta yang mana juga merupakan seorang pengamat sastra, dan Kedung Darma Romansha—alumni Sastra Indonesia, FBS UNY, peraih penghargaan cipta puisi, prosa, baca puisi, dan baca cerpen, dan novelnya yang berjudul Slindet akan segera terbit.

A.M. Rosa dari SMAN 1 Sentolo terpilih sebagai Juara I dengan membawa Trofi Gubernur DIY, Ratih Farah Maudina dari SMK 4 Yogyakarta menjadi Juara II meraih Trofi Bupati Sleman, Gabriella dari SMA N 1 Yogyakarta sebagai Juara III dengan Trofi Rektor UNY, serta Erna Yuliana dari SMA N 1 Sentolo sebagai Juara Harapan I dengan Trofi Dekan FBS. (Nunggal)