Maba Berbudaya

FBS-Karangmalang. Setelah Kamis (4/8) OSPEK Fakultas hari pertama dilaksanakan, kini Jumat (5/8) OSPEK Fakultas hari kedua pun diadakan. Setelah jajaran Dekanat membuka sekaligus mengisi acara pada hari pertama, hari kedua OSPEK adalah harinya mahasiswa baru. Acara yang dilangsungkan pada pukul 6.15 WIB ini menggunakan Religius Input sebagai acara awal. Maba diplot sesuai dengan keyakinannya untuk mendapatkan siraman rohani dari UKM Keagamaan yang ada di FBS. Satu setengah jam kemudian, dilanjutkan kembali dengan Display Ormawa III dan penampilan Maba dalam Ekspresi Karya Maba I. Di sini Maba dipersilakan untuk unjuk gigi, menampilkan ekspresi dari karya mereka. Acara hari kedua ini lebih ditekankan agar para mahasiswa baru dapat mengapresiasi serta menghargai kultur, karya, dan budaya serta dapat menghasilkan karya itu sendiri secara kreatif.

Acara Dolanan Yuk menjadi salah satu acara favorit Maba kali ini. Dalam Dolanan Yuk, Maba diajak bergembira dengan bermain serba-serbi tentang Indonesia. Misalnya saja susun puzzle. Games ini terdiri dari berbagai kepingan-kepingan kecil gambar rumah adat, pakaian adat, tempat bersejarah, masakan khas daerah, dan lain-lain yang harus disusun selama 3 menit. Beragam acara menarik lainnya turut disuguhkan oleh seksi Acara OSPEK FBS 2011. Suara Maba untuk Indonesia, misalnya. Maba diajak untuk menyuarakan pendapat dan pikirannya tentang negeri ini lewat sepotong kain putih sepanjang 10 meter. Khusus Suara Maba untuk Indonesia, warga baru FBS dapat menuliskan aspirasinya sepanjang OSPEK berlangsung.

Aldelta Zoraya, salah satu seksi Acara, mengungkapkan, “Kita ingin agar para Maba ikut peduli dengan negerinya dan agar mereka bisa mengekspresikan harapan-harapan ataupun koreksi yang ada di benak mereka tentang Indonesia.” (Febi & Nunggal)