MAHASWARAKAM MENYAPA MAHASISWA BARU FBS

FBS-KARANGMALANG. Rabu, (4/8) di tengah rangkaian acara OSPEK FBS, mahasiswa baru mendapat kejutan dengan kedatangan tamu kerhoramatan dari Universitas Mahaswarakam, Thailand. Sangkom Pumpuntu, Dekan dari Unversitas Mahaswarakam menyapa mahasiswa dengan mengucapkan selamat datang. Maba begitu antusias membalas sapaan mereka dan berseru meriah ketika para wakil dari Universitas Mahaswarakam memperkenalkan diri.

Fakultas Musik dan Budaya dari Universitas Mahaswarakam sedang mengadakan kunjungan ke Fakultas Bahasa dan Seni terkait perencanaan kerja sama antar dua fakultas dari negeri yang berbeda ini. Inisiatif kerja sama bermula dari Konferensi International di Chiang Mai yang turut memperkenalkan budaya Indonesia. Keberagaman budaya Indonesia membuat Thailand tertarik untuk berkolaborasi bersama dalam budaya dan seni.

Sangkom Pumpuntu menuturkan, ”UNY dengan budaya dan seni dalam kultur akademisi yang kuat membuat kami tertarik untuk bertukar ilmu dan menjalin kerja sama yang konkrit.” Kerja sama konkrit ini akan terwujud dalam Memo of Understanding di bulan Desember 2010. Kerja sama yang akan disepakati antara FBS dan Fakultas Musik dan Budaya Universitas Mahaswarakam adalah student exchange, staff member exchange, dan penelitian bersama.

”Kerja sama ini penting agar kultur budaya, terutama dalam musik, dapat memprakarsai kejayaan budaya lokal hingga ke level nasional dan Internasional,” jelas Sangkom.

Setelah menyapa Maba FBS, Kelompok Mahaswarakam bertolak ke rektorat untuk acara Art performance. UNY memamerkan musik gamelan, keroncong, dan Sendratari Ramayana untuk memperkenalkan budaya Indonesia kepada tamu. Universitas Mahaswarakam juga menampilkan keterampilan para pemusik Thailand dalam memainkan alat musik budaya klasiknya yang beragam dan bersuara indah. (febi)