Melestarikan Bahasa Jawa Melalui Wikipedia

 FBS-Karangmalang. Wikipedia mengajak mahasiswa UNY untuk melestarikan Bahasa Jawa melalui Wikipedia pada workshop menulis di Wikipedia (8/5). Di tahun ini, terdapat 37.000 artikel berbahasa Jawa yang dibaca oleh 12.000 pengguna terdaftar. Namun, sayangnya Jumlah artikel dalam Bahasa Jawa ini masih menempati urutan ke-66 dari total 285 edisi bahasa Wikipedia di dunia di bawah bahasa lokal Ceko dan bahasa lokal di India. Revo Arka Giri Soekatno, pendiri Wikipedia Bahasa Jawa, mengungkapkan, "artikel berbahasa Jawa dan jumlah pembacanya akan semakin bertambah ketika banyak kontributor yang menulis di Wikipedia berbahasa Jawa ini". Ini dibuktikan dengan naiknya jumlah kontributor dari dua orang menjadi 44 orang di tahun 2011- 2012 yang mempengaruhi jumlah artikel dam jumlah pembacanya dari puluhan menjadi jutaan. "Wikipedia bahasa Jawa itu salah satu cara untuk menjaga kelestarian penutur dan pembaca bahasa Jawa yang terjalin dengan kegiatan menulis dan berbagi pengetahuan, jadi marilah menulis di sini," ajak Revo kepada para peserta yang kebanyakan dari Pendidikan Bahasa Jawa FBS UNY.

Misi pelestarian bahasa yang memiliki penutur terbanyak kesebelas di dunia ini didukung Wikipedia US, Prancis, dan Indonesia. Dari berbagai sokongan ini Wikipedia Indonesia menyelenggarakan kompetisi menulis Wikipedia Berbahasa Jawa Papat Limpad 2012. Kompetisi menulis Wikipedia bahasa Jawa tahun ini memiliki konsep yang berbeda di mana sebelumnya hanya dilaksanakan untuk satu universitas saja, UNNES. Dari proyek pertama, artikel Wikipedia berbahasa Jawa bertambah bertambah dua ribuan. "Di tahun ini, Papad Limpad bekerja sama dengan enam universitas, yaitu IKIP PGRI Semarang, UNDIP, UNNES, UGM, UNY, dan UI", ungkap Nunung Martina, Direktur Proyek Papad Limpad 2012.

Lomba ini diselenggarakan dari Agustus 2012 - Maret 2013 dengan hadiah total 500 euro dan kesempatan mengikuti konferensi Wikipedia di luar negeri. ”Tidak ada kriteria khusus tentang kemampuan bahasa penulis dalam menulis di Wikipedia bahasa ini karena pasti akan ada budaya penyuntingan di Wikipedia", jelas Puryono, wakil Direktur Proyek Papad Limpad 2012 dan pengurus Wikipedia Bahasa Jawa. Untuk membekali ilmu peserta dalam menulis artikel ilmiah Bahasa Jawa sesuai dengan etika keilmiahan, panitia akan melakukan pelatihan Pra-Kompetensi Pada Bulan Mei - Agustus. "Untuk di UNY, Kami masih dalam proses diskusi penentuan waktu dan tempat pelatihan", jelas Ichsan Mochtar, Penasihat Proyek Papad Limpad 2012.

Workshop menulis Wikipedia Bahasa Jawa yang mengawali sosialisasi kompetisi ini diisi dengan pelatihan singkat pembuatan akun dan penulisan artikel ilmiah yang dipandu oleh Chris Woodrich, relawan wikipedia Bahasa Indonesia-Inggris dan Chafid Ibni Abdillah, salah satu pemenang Kompetisi Menulis Wikipedia Bahasa Jawa Papad Limpad 2011.(Febi)