MELIHAT JERMAN LEBIH DEKAT MELALUI DEUTSCH ABENTEUER

FBS-Karangmalang. Melihat Jerman Lebih Dekat melalui Deutsch Abenteuer 2016 merupakan besutan dari Bund der Deutsch Studenten (Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jerman) Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), UNY. Acara ini berjalan dengan sukses, terbukti dengan banyaknya peserta yang mengikuti acara, baik dari kalangan Siswa SMA, mahasiswa maupun alumni yang berasal dari  berbagai daerah di Indonesia seperti Yogyakarta, Magelang, Solo bahkan Jakarta.

Acara dimulai sejak Jumat, (22/01) ditandai dengan pembukaan keegiatan secara resmi di Ruang Seminar Gedung Pusat Layanan Akademik FBS UNY. Acara yang berlangsung selama tiga hari ini diawali dengan pembukaan secara resmi oleh Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman yang diwakili oleh Ibu Yati Sugiarti, M.Hum., lalu dilanjutkan seminar beasiswa dari Deutscher Akademischer Austausch Dienst (DAAD). DAAD merupakan lembaga yang mengurusi beasiswa dari Jerman. Materi disampaikan oleh Svenja Völkert, Lektor DAAD yang bertugas di Indonesia. Acara dilanjutkan dengan makan malam, sekaligus pelajaran table manner yang dilaksanakan di Kali Opak Resto, Prambanan. Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi tentang Jerman dengan narasumber para mahasiswa UNY yang berkesempatan mengunjungi Jerman beberapa bulan lalu. Diskusi berlangsung hidup dengan cerita-cerita pengalaman selama di Jerman.

Pada hari kedua peserta diajak untuk berwisata keliling Candi Parambanan lalu dilanjutkan dengan materi Kulturkunde (kebudayaan) yang berfokus pada Mülltrennung atau pengelolaan sampah di Jerman oleh Ibu Tri Kartika Handayani, M.Pd. Kegiatan dilanjutkan dengan outbond, Film sehen (menonton film), api unggun, serta hiburan khas Jerman singen und tanzen (menyanyi dan menari) yang dipandu oleh Larissa Harahap, warga negara Jerman yang memiliki darah Indonesia.

Pada hari terakhir peserta diberikan materi terkait Au-pair dari Yayasan Au-Pair Deutschland yang berkantor pusat di Jakarta dan berbagi pengalaman dari Aditya Rikfanto, M.A., yang beberapa bulan lalu baru saja selesai mengikuti program Au-pair. Acara diakhiri dengan kesan pesan dari peserta yang mengikuti Deutsch Abenteuer 2016. Puncak akhir acara adalah tukar kado sebagai kenang-kenangan dari sesama peserta dan foto bersama. Amanda, peserta dari Universitas Padjajaran mengatakan “acara sangat seru dan menarik. Keren!”. Semua peserta merasa pengetahuan akan negara Jerman semakin bertambah dan kemampuan bahasa Jerman juga meningkat setelah mengikuti acara ini. Peserta juga semakin terpacu untuk kursus, bekerja, liburan, maupun melanjutkan studi ke Jerman (Muhamat Fandi-Pend. Bahasa Jerman angk. 2015)