Melihat Persahabatan Lewat Karya Seni

UNY-Karangmalang. Senin (7/6), Rektor UNY, Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd. meresmikan pembukaan Pameran dan Seminar Nasional Seni Rupa Dosen, Alumni, dan Mahasiswa (DAM ) dalam rangka Dies Natalies UNY ke-47. Pameran ini diselenggarakan oleh Jurusan Pendidikan Seni Rupa dengan menampilkan 100 karya dari dosen Jurusan Pendidikan Seni Rupa, mahasiswa, alumni, dan perupa Yogyakarta di Auditorium UNY. Turut Hadir Dekan FBS UNY Prof. Dr. Zamzani, M. Pd, Dekan FIK UNY Sumaryanto, M. Kes., dan Ketua Panitia Dies Natalies UNY Erwin Setyo K., M.Si.

Dalam sambutannya, Rochmat Wahab memberikan apresiasi terhadap penyelenggaraan pameran dan seminar Seni Rupa DAM. “Kegiatan seni telah menjadi unggulan UNY dan penyelenggaraan pameran ini menjadi media apresiasi terhadap keagungan seni,” ungkapnya, “Penyelenggaraan kegiatan ini semoga menjadi secercah harapan dan semangat agar ada generasi kedua dan ketiga setelah generasi Amri Yahya, alumni dan dosen UNY yang juga Perupa Nasional dan Internasional.”

Dalam Pameran yang telah diselenggarakan kedua kalinya ini, pihak panitia mengambil tema memayu hayuning bawono. “Tema ini memberikan pesan agar manusia selalu bersahabat dengan alam,” terang Sigit Wahyu Nugroho, M. Si., Ketua Panitia Pameran dan Seminar Seni Rupa. Tema yang mengambil unsur kehidupan manusia dengan segala elemen kehidupannya terwujud pada 100 karya pameran dalam bentuk seni lukis, seni patung, seni mix media, fotografi, dan instalasi. Beberapa karya seperti karya B. Muria Zuhdi, dosen Jurusan Pendidikan Seni Rupa ini menggunakan bahan dasar Lumpur Lapindo dalam 6 karya instalasinya yang disulap menjadi hidangan makan pagi hingga makan malam untuk Indonesiaku.

Selain itu, lukisan karya Ahmad Su’udi yang berjudul No Money No Justice juga menarik pengunjung dengan gambar koin-koin dan perpaduan warna hasil kreativitas sang pelukis. Lukisan The Colourful of Rain dan Gatotkaca vs Ironman, patung Ngajeni, dan fotografi Harmoni Alam adalah beberapa judul yang juga menambah keunikan hasil kreativitas perupa UNY yang dipamerkan di auditorium. (Febi)