MEMBANGUN SENI KRIYA BERKARAKTER

FBS-Karangmalang. Mahasiswa Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Jurusan Pendidikan Seni Rupa Prodi Seni Kriya angkatan 2014 mengadakan pameran seni kriya dengan tema : “Harmonisasi Ragam Kriya Batik Kulit dan Tekstil” bertempat di Museum Pendidikan Indonesia (MPI), (12/1). Pameran dibuka oleh rektor Universitas Negeri Yogyakarta, Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., M.A. berlangsung selama tiga hari mulai (12 -14/1).

“Kami berharap dengan adanya kegiatan pameran ini dapat menghasilkan feed back bagi para dosen pembimbing, mengukur sejauh mana keberhasilan dalam membimbing mahasiswanya. Selamat karena para mahasiswa sudah berani dan berhasil dalam memamerkan hasil karyanya. Terlebih saat kita harus menghadapi MEA dan tidak bisa lari dari MEA. Pentingnya ekonomi kreatif juga sangat penting untuk menghadapi MEA. Untuk mencapai keberhasilan bangsa melalui pendidikan, khususnya di bidang seni tidak bisa secara tiba – tiba tapi perlu pengkondisian, pengembangan potensi serta pendampingan dari guru – guru seni kriya”, papar Rektor UNY.

Lebih lanjut Rektor UNY menjelaskan, seni itu harus bernilai dan jangan sampai membuat umat menjadi menuju neraka karena bermaksiat. “Seni memang bisa menampilkan apa saja, tergantung yang menampilkan. Dengan adanya pendidikan seni yang berkarakter, semisal melawak dengan cerdas, beretika serta smart, bahkan seorang dalang pun juga harus terkontrol. Membangun seni kriya yang berkarakter sangat penting. Marilah berkesenian secara berbudaya, berkepribadian serta beretika. Hendaknya mahasiswa terus meminta bimbingan dari para dosen sehingga bisa menghasilkan karya – karya seni yang baik, kompetitif, serta inspiratif”, harapnya.

Pada masa mendatang, Rektor UNY berharap masih adanya kegiatan kunjungan keliling Indonesia untuk mengadakan pameran atau workshop, misal ke Aceh untuk mempelajari musik serta tariannya yang khas, atau ke Irian Jaya. Lalu hasilnya bisa dibuatkan video untuk bahan inspirasi bagi semua orang.

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara Pameran Kriya,  Bima Nur Wintaka dalam sambutanya mengatakan bahwa pada pameran kali ini merupakan pameran yang pertama bagi mahasiswa Jurusan Seni Kriya Angkatan 2014. Pameran akan memamerkan berbagai hasil karya seperti membuat dompet, membatik, dan bahkan menenun. “Semua hasil karya ini berkat adanya dosen – dosen yang selalu membimbing dengan baik sehingga bisa menghasilkan karya yang baik dan berkompeten serta nantinya bisa menghasilkan calon – calon pendidik untuk bangsa”, harap Bima. (Khairani Heri P)