Memperluas Kapasitas Diri, Memperbanyak Pilihan Pekerjaan

FBS-Karangmalang. Jumat (25/2), FBS menyelenggarakan acara Pembekalan Alumni FBS UNY Periode Februari 2011. Kegiatan yang bertempat di Ruang Seminar gedung PLA FBS ini diikuti 189 mahasiswa.

Tujuan kegiatan antara lain memberikan bekal pengetahuan dan mempersiapkan mahasiswa menuju dunia kerja. Sesuai tujuan kegiatan, tema yang diusung kali ini “Meraih Pekerjaan Impian” dengan pembicara Kiki F. Wijaya. Selain memberikan motivasi, Kiki berbagi tips dan strategi meraih pekerjaan yang diimpikan. Materi yang disampaikan antara lain strategi menjadi achiever, cara mendapatkan dan memilih pekerjaan, strategi memasarkan diri, cara melamar dan membuat surat lamaran, hingga strategi menghadapi wawancara kerja.

“Perluaslah kapasitas diri kita dan belajarlah sesuatu yang baru sehingga kita akan memiliki banyak pilihan.  Kenali pula potensi kita sebelum menentukan pilihan dalam pekerjaan,” ungkap Kiki dalam presentasinya. Di sela-sela kegiatan, peserta diberi kesempatan bertanya maupun berbagi pengetahuan. Salah satu peserta, Dhuha, meminta pendapat apa yang sebaiknya dilakukan ketika mendapatkan tawaran pekerjaan dengan iming-iming gaji tinggi dengan syarat harus membayarkan sejumlah uang. Kiki menjawab, “Sekarang ini mendapatkan pekerjaan dengan jalan semacam itu banyak kita jumpai di masyarakat. Ini menandakan tidak adanya kecerdasan spiritual. Pilihlah pekerjaan yang baik karena itu akan memuliakan kita dan pekerjaan kita.”

Selama kurang lebih 2 jam, Kiki memberikan presentasi dengan sangat menarik sehingga peserta antusias mengikuti kegiatan dari awal hingga akhir. Menjelang akhir acara, Kiki mengambil sebuah kutipan sebagai bahan renungan, “tantangan terbesar bagi ikan ketika berenang adalah air, tetapi ikan tidak akan dapat berenang tanpa air. Tantangan terbesar burung adalah udara, tetapi burung tidak akan dapat terbang tanpa udara. Sedangkan tantangan terbesar manusia adalah masalah, tetapi manusia tidak dapat hidup tanpa adanya masalah,” demikian pesan Kiki mengakhiri. (Virga)