Mendalami Genre-based Approach bersama Dosen Malaysia

FBS-Karangmalang. Genre-based Approach merupakan model pembelajaran bahasa Inggris yang diterapkan di Indonesia. Berkaitan dengan hal ini, kesempatan guest lecturing gelombang II (3/11) dipakai untuk membahas model pembelajaran yang cukup krusial ini. Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris FBS UNY lantas mengundang Prof. Dr. Azirah Binti Hashim dari University of Malaya.

Dalam presentasinya, ia memaparkan teori-teori Genre-based Approach pada mahasiswa jurusan PBI semester 5 yang mengambil mata kuliah English Instructional Technology.

Bahasan yang disampaikan di Ruang Seminar Gedung Kuliah I lantai 2 ini dibagi menjadi dua bagian besar. Yang pertama mencakup teori-teori Genre-based Approach, sementara bagian kedua menekankan pada prakteknya dalam pembelajaran.

Antusiasme mahasiswa dapat terlihat dari hitungan acungan tangan yang berebut menyampaikan pertanyaan. Salah satunya berkenaan dengan pengaplikasian Genre-based Approach dalam proses belajar-mengajar. Menurut Profesor yang telah menelurkan banyak buku ini, Genre-based Approach yang bisa jadi sangat membosankan, bisa diatasi dengan menciptakan aktivitas pembelajaran yang inovatif. Tidak melulu membahas suatu teks secara berulang.

Perkuliahan yang berlangsung pagi hingga siang hari ini tidak cukup hanya mendengarkan pemaparan dosen tetapi mahasiswa diajak pula untuk bersama-sama menganalisis jenis-jenis teks. Juga, mahasiswa secara berkelompok berpikir untuk merumuskan rencana pengajaran secara riil untuk satu jenis teks tertentu yang telah mereka tetapkan sendiri. (Yohana/HumasFBS)

Info Kepegawaian

Error | Fakultas Bahasa dan Seni

Error message

  • Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /data/websiteuny/public_html/includes/common.inc:2777) in drupal_send_headers() (line 1486 of /data/websiteuny/public_html/includes/bootstrap.inc).
  • Error: Class 'FeedsHTTPCache' not found in feeds_cron() (line 82 of /data/websiteuny/public_html/sites/all/modules/feeds/feeds.module).

Error

The website encountered an unexpected error. Please try again later.