Mengajar Bahasa Indonesia dan Tari Bali di Naresuan University Thailand

Rombongan Student Exchange FBS UNY mengajar bahasa Indonesia dan tari Bali di Naresuan University Thailand. Kegiatan pengajaran dan pengenalan budaya Indonesia itu terlaksana pada Senin 26 Agustus 2013. Program pertukaran mahasiswa pada tahun 2013 ini bertajuk Language and Cultural Diversity Program. Dengan dibersamai Herman, M.Pd. (Ketua Tim Kerjasama FBS UNY), mahasiswa FBS “unjuk gigi” di ajang internasional.

Eksistensi bahasa Indonesia sudah meng-internasional. Bahkan, di Naresuan University Thailand, peminat program bahasa Indonesia sebanyak 35 mahasiswa. Peminatnya terdiri atas berbagai program studi seperti: Manajemen, Ekonomi Terapan, Keperawatan, Kedokteran, dan lain sebagainya. Tatkala ditanyai Herman, M.Pd. alasan kenapa mengambil mata kuliah bahasa Indonesia adalah karena bahasa Indonesia merupakan bahasa wajib komunikasi ASEAN (Association of South East Asian Nation).

Selain itu, Reva (dosen Naresuan University yang merupakan native speaker dari Indonesia), mengungkapkan ketika menanyakan alasan salah seorang mahasiswanya itu, “Karena saya dari jurusan Ekonomi, dan ASEAN Community semakin gencar, maka saya belajar bahasa Indonesia untuk mempelajari strategi ekonomi Indonesia.” Selain itu, Reva juga mengakui bahwa ikhtiar untuk belajar bahasa Indonesia, dikarenakan untuk belajar budaya Indonesia.

Dalam kelas bahasa Indonesia di ruang QS 3112 Naresuan, mahasiswa Student Exchange FBS juga turut mengajarkan bahasa Indonesia. Sebagian lagi mengajarkan tari Bali ke mahasiswa jurusan tari di Naresuan University. Di sisi lain, mahasiswa FBS  juga mendapatkan Thai music, Thai dancing art, dan Thai language and culture di kelas. (Rony/ Humasfbs).