Mengasah Kreativitas, Mahasiswa Gelar Pameran Seni Kriya

FBS-KARANGMALANG. Rabu (11/1/2017) mahasiswa Jurusan Pendidikan Seni Rupa, Program Studi Pendidikan Kriya, FBS UNY menggelar pameran seni kriya. Bertempat di Galeri Museum Pendidikan Indonesia UNY pameran yang mengangkat tajuk “Berbenah” itu dibuka Wakil Dekan I, Dr. Maman Suryaman, M.Pd. Pameran yang diselenggarakan sejak 11-13 Januari 2017 tersebut menggelar lebih dari 300 karya mahasiswa hasil perkuliahan semester gasal 2016-2017.

“Pameran ini mengangkat potensi masing-masing mahasiswa dalam bidang seni kriya sebagai rangkaian dari Tugas Ujian Akhir Semester mahasiswa Pendidikan Kriya angkatan 2004,” ujar Haris Apendi, selaku ketua panitia pameran. Lebih lanjut Haris mengungkapkan bahwa karya-karya mahasiswa tidak hanya berhenti pada penilaian dosen, tetapi seharusnya dapat diapresiasi pula secara luas oleh masyarakat, khususnya di lingkungan UNY. “Untuk itulah pameran ini kami selenggarakan,” tambah Haris.

“Kami ingin membenahi dan memperbaiki karya serta kemampuan kita, yang awalnya belum mengetahui cara membuat produk kriya hingga akhirnya mampu menggelar pameran ini,” ungkap Haris menjelaskan maksud pengambilan tema “Berbenah” dalam pameran kali ini. Karya-karya mahasiswa yang dipamerkan merupakan kriya fungsional, baik yang berasal dari bahan logam, keramik, maupun kayu yang merupakan kreasi para mahasiswa.  Karya-karya yang terpajang menunjukkan potensi mahasiswa yang unik, khas, dan kreatif, bahkan sejumlah karya sangat layak untuk diproduksi dan dipasarkan. Selain menggelar karya mahasiswa, pameran kali ini sekaligus juga menampilkan proses pembuatan logam. Salah satunya adalah memperkenalkan teknik menyodet pada para pengunjung.

”Kegiatan ini sangat luar biasa. Saya mengapresiasi kegiatan berkesenian ini sekaligus bangga dengan hasil kreativitas yang dipamerkan. Saya kira pengambilan tema “Berbenah” juga sangat menarik. Kemajuan tidak akan muncul tanpa berbenah,” kata Dr. Maman Suryaman, M.Pd., saat memberikan sambutan dalam pembukaan seminar.“ Wakil Dekan I FBS UNY tersebut juga menyampaikan agar mahasiswa terus bersemangat dalam berkarya dan mengembangkan kreasi-kreasi baru yang mampu meningkatkan pengembangan industri kreatif Indonesia. Pak Maman, demikian panggilan akrab Wakil Dekan I FBS UNY tersebut, juga menyarankan agar mahasiswa mengurus hak cipta agar menghindari terjadinya peniruan karya.

Pameran Seni Kriya 2017 ini mendapat respon positif dari banyak pengunjung. “Sangat mengesankan. Karya-karya yang ditampilkan sangat bagus dan sudah sangat layak untuk diproduksi,” kata Ryan Rojiyanto, salah seorang pengunjung pameran. [kholif]

Info Kepegawaian

Error | Fakultas Bahasa dan Seni

Error message

  • Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /data/websiteuny/public_html/includes/common.inc:2777) in drupal_send_headers() (line 1486 of /data/websiteuny/public_html/includes/bootstrap.inc).
  • Error: Class 'FeedsHTTPCache' not found in feeds_cron() (line 82 of /data/websiteuny/public_html/sites/all/modules/feeds/feeds.module).

Error

The website encountered an unexpected error. Please try again later.