Menimba Ilmu ke Pulau Seberang

FBS-Karangmalang. Universitas Udayana (Unud) memiliki sistem tata kelola kegiatan kebudayaan yang baik serta memiliki kesamaan dengan beberapa jurusan dan program studi di FBS UNY. Oleh sebab itu rombongan BEM dan Perwakilan Ormawa Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta melakukan Studi Banding ke “Fakultas Pewahyu Rakyat Nusantara”, Fakultas Sastra Unud. Terdiri atas 46 mahasiswa dan satu dosen pendamping, Kamis (28/9) pukul 09.00 rombongan FBS bertolak ke Bali dan akhirnya sampailah mereka di Pulau Dewata pada Jum’at (30/9) pukul 06.00 waktu setempat.

Setibanya di Bali, rombongan FBS beristirahat sejenak dan melakukan persiapan lawatannya. Pukul 11.00 mereka tiba di Auditorium Widya Sabha Mandala Fakultas Sastra Unud. Menempati ruangan yang kental akan nuansa budaya Bali, rombongan FBS pun disambut hangat oleh Senat Fakultas Sastra, namun sayangnya pada kesempatan kali itu jajaran Dekanat Fakultas Sastra tidak dapat hadir dikarenakan hari itu bertepatan dengan Pelantikan Dekan Baru seluruh Fakultas di Universitas Udayana.

Acara dibuka dengan sambutan penerimaan rombongan oleh Putu Eka Gunayasa selaku Ketua Senat Fakultas Sastra, dilanjutkan Ketua BEM FBS (Ikhwanul Habibi), dan diakhiri Dosen Pendamping FBS UNY (Wien Pudji Priyanto, M. Pd.). Presentasi dan Tanya Jawab adalah acara inti Studi Banding. Presentasi mengenai Program Kerja serta bagaimana merealisasikannya diawali dari Pihak Unud dan dilanjutkan FBS. Dari Kedua Presentasi ada beberapa hal yang selaras dengan visi-misi Fakultas, salah satunya “Bersatu dalam Spirit Keanekaragaman,” terang Guna.

Yang paling mencolok antara kedua fakultas adalah sistem kerja ormawa. dijelaskan bahwa tata kelola kepemimpinan Unud menggunakan sistem garis komando yang artinya senat membawahi semua HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan) yang ada di Fakultas Sastra, berbeda dengan FBS yang menggunakan sistem garis koordinat yang artinya semua organisasi mahasiswa kedudukannnya sejajar. Sesi Tanya Jawab dibuka dua termin. Dari situ pulalah kedua belah pihak saling berbagi dan memotivasi untuk melakukan suatu program kerja.

Acara selesai pukul 17.00, ditutup dengan persembahan spesial tari Bali ciptaan mahasiswa Fakultas Sastra Unud dan tari Tumandhang khas Yogyakarta yang dibawakan oleh Duta FBS 2011, Anggita Laras Pratama. Rombongan melanjutkan perjalanan ke GWK untuk menyaksikan Pertunjukuan Kolaborasi Barong yang penarinya kesemuanya adalah para Tunarungu. (FitriAnan)