Menjaga Kesucian Keluarga sesuai Tuntunan Islam

Keterangan Sumber Foto: 
Humas FBSB

FBS-Karangmalang. Ibu-ibu muslimat Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman Fakultas Bahasa dan Seni UNY pada Jumat (11/3) menjadi pengunduh pengajian rutin Paguyuban Fatimah. Pengajian rutin kali ini menghadirkan Ustadzah Dra. Nurhidayani, S.H., M.H. yang menyampaikan tausiah dengan tema “Menjaga Kesucian Keluarga sesuai Tuntunan Islam” di Ruang Seminar Gedung Kuliah 1. Beliau mengawali tausiah dengan menyampaikan tiga kejadian manusia sebagai akibat fluktuasi antara takwa dan fujur.

Takwa adalah kebenaran dan segala hal yang sesuai dengan syariat Allah SWT, sedangkan fujur merupakan kebalikan dari takwa yang berarti keburukan dan segala hal yang tidak sesuai dengan syariat Allah SWT. Ustadzah Nurhidayani menyampaikan bahwa tiga kejadian jiwa manusia tersebut ialah pertama, An-Nafs Al-Muthma’innah, kondisi apabila takwa lebih dominan daripada fujur dan memiliki kecenderungan dzikrullah. Kedua, Al-nafs Al-Lawwaamah berarti keadaan jiwa manusia apabila takwa seimbang dengan fujur dan beriorientasi kepada sikap mengutamakan akal. Ketiga, Al-Nafs Al-Ammaarah Al-Suu, kondisi jiwa apabila fujur lebih dominan daripada takwa dan berorientasi kepada syahwat, nafsu dan hedonis.

Tidak ada satupun manusia yang selamat dari fluktuasi tiga keadaan jiwa tersebut kecuali dengan curahan rahmat Allah SWT. Bahkan nabiullah Yusuf as dengan tulus mengakui betapa daya tarik nafsu atau fujur sangatlah kuat. Menambahkan hadits riwayat At-Thobrani dan dishahihkan oleh Al-Bani, ada pula tiga perkara tercela yang membinasakan yaitu rasa pelit yang ditaati, hawa nafsu yang diakui dan ujubnya (sikap mengagumi diri sendiri) seseorang terhadap dirinya sendiri. Maka tempuhlah jalan Tazkiyatun Nafs atau membersihkan jiwa yaitu dengan dzikrullah, sholat, dan mengingat mati. Pengajian diakhiri pada pukul 12.45 WIB dengan berdoa bersama dan bersalaman.