MGMP Cilacap-PBSI Sharing Ilmu

FBS-Karangmalang. Rabu (20/7), Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), HIMA PBSI, dan Tim MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) Cilacap mengadakan seminar pengajaran Bahasa Indonesia di Cine Club FBS UNY. Acara yang diikuti kurang lebih 60 guru Bahasa Indonesia SMA se-Cilacap ini menghadirkan Prof. Dr. Suminto A. Sayuti dan Kastam Syamsi, M.Ed. sebagai pembicara. Seperti yang kita ketahui, jurusan PBSI FBS UNY memiliki banyak Guru Besar yang dirasa mampu membagi ilmu tentang bahasa dan sastra kepada para peserta.

“Banyaknya Guru Besar yang dimiliki jurusan PBSI, seperti Prof. Dr. Suminto dan Pak Kastam diharapkan dapat memfasilitasi akan ‘kehausan informasi’ dari para peserta,” terang Arda Sedyoko selaku Ketua Panitia dan Ketua HIMA PBSI.

Ditanya tentang mengapa harus UNY, Arda menjawab, “Karena UNY dianggap memiliki SDM yang mampu memfasilitasi para peserta dan juga sebagai acara nostalgia karena ternyata banyak guru Tim MGMP Kabupaten Cilacap yang dahulunya alumni PBSI.”

Selain menjadi perancang kegiatan, HIMA PBSI kali ini juga turut menyuguhkan penampilan Teater Mishbah, sebuah komunitas teater mahasiswa PBSI, sebagai wujud kepedulian dan apresiasi mahasiswa terhadap sastra. Penampilan ini juga dimaksudkan sebagai contoh bahwa pengajaran bahasa dan sastra tidak melulu tentang buku dan teks, namun juga dapat dilakukan dengan seni, kuis, dan lain-lain. (Febi & Nunggal)