Motivasi Percepatan Studi Mahasiswa Angkatan 2012

FBS-Karangmalang. Panjangnya masa studi di FBS, yaitu 4 tahu 6 bulan mendorong penyelenggara pendidikan FBS mengadakan percepatan studi dalam bentuk seminar motivasi dan penulisan tugas akhir. Pagi ini (24/11) seluruh mahasiswa angkatan 2012 FBS berkumpul di auditorium untuk mengikuti acara ini. Acara dimulai pukul 08.00 dan dibuka dengan doa. Kemudian dilanjutkan sambutan. Dekan FBS, Dr. Widyastuti Purbani, M.A, memberi wejangan pagi kepada para mahasiswa yang telah hadir di auditorium. “Saya juga bingung, sebenarnya apa yang membuat mahasiswa FBS suka berlama-lama di kampus?”. Dapat dibilang, kalimat tersebut merupakan sindiran halus yang membangun semangat mahasiswa. Mahasiswa yang notabenenya sangat senang berkegiatan, biasanya dikejar-kejar untuk menyeimbangkan akademiknya dengan kegiatan non-akademik yang digelutinya. Terutama dalam menyelesaikan tugas akhir yang memang sudah harus dimulai. Dilanjutkan dengan sambutan oleh Dr. Maman Suryaman, M.Pd sebagai ketua penyelenggara Program Percepatan Study ini. “Harapannya semangat yang dibawa kita pagi ini, mampu mendorong kita untuk segera menyelesaikan penulisan tugas akhir dan mampu memperpendek masa study di FBS”. Semua pihak di kampus, tidak hanya di FBS tentunya menginginkan mahasiswanya tidak kerasan di kampus. Artinya semua pihak kampus menginginkan mahasiswanya cepat lulus dan cepat mengaplikasikan ilmu yang didapatnya kepada masyarakat luas. Di lingkungan kampus mahasiswa memang berkembang dan dapat meningkatkan kemampuannya di semua bidang, namun dengan perkembangan yang dihasilkan oleh program pendidikan itu, mahasiswa perlu mempertanggungjawabkannya kepada masyarakat.

Acara ini berlangsung hingga siang nanti pukul 12.00 dan dibersamai dengan dua pembicara yang kompeten. Prof. Sukirno, M.Si., Ph.D. dan Prof. Dr. Suminto A Sayuti. Keduanya menyampaikan materi seputar cara jitu dan motivasi terkait penulisan tugas akhir. Prof. Sukirno menyampaikan banyak motivasi tentang pengalaman hidupnya yang gigih dalam mencari ilmu hingga mendapatkan gelar profesornya. Salah satu Kajur di Fakultas Ekonomi ini menuntun mahasiswa untuk berintrospeksi diri. “Apa hal kecil yang diinginkan orang tua saat kamu sudah semester akhir?”, tanya beliau. Pertanyaan ini menurut beliau merupakan pertanyaan sederhana yang jawabannya hanya satu “orang tua menginginkan anaknya cepat selesai kuliah”. Lebih dari 1000 mahasiswa yang memenuhi auditorium pagi ini menyimak dengan saksama semua informasi dan saran yang diberikan oleh beliau. Salah satu sarannya adalah ketika mahasiswa banyak job di luar kampus yang mengharuskan dia menunda penulisan tugas akhir, maka jadwal bimbingan kita harus lebih padat. Jangan sampai kalah padat dengan job yang kita kerjakan.

Selanjutnya adalah penyampaian materi yang juga tidak kalah luar biasa, oleh Prof. Dr. Suminto A Sayuti. Menarik perhatian mahasiswa merupakan hal yang paling menarik saat Pak Minto akan memberi materi. Hampir semua mahasiswa bersemangat untuk mendengarkan apa yang dikatakan beliau. “Menulis tugas akhir merupakan hal yang mudah jika kita banyak membaca dan memperhatikan dengan teliti apa-apa yang terjadi di sekitar kita. Berdiri beberapa menit di hadapan mahasiswa, beliau sudah menyebutkan berbagai macam masalah yang dapat diteliti dalam skripsi. “Menulis Skipsi seperti berdongeng”, ibarat mahasiswa yang suka bercerita, kita hanya perlu berimajinasi dengan bebas, hanya saja imajinasi yang kita lakukan harus dicocokan dengan teori penelitian yang ada. Kesulitan dalam menulis tugas akhir ini tidak ada, beliau mengatakan bahwa yang sulit adalah menimbulkan niat untuk mulai menulis tugas akhir. Maka dari itu, mulailah menulis dan tidak usah banyak teori yang menyulitkan. Ambilah masalah yang sekiranya kita mampu untuk menyelesaikannya dengan baik. (Muna-Humas)