OSPEK Fakultas Hari Pertama: Dekanat, Ormawa, dan Maba Unjuk Gigi

FBS-Karangmalang. OSPEK Fakultas Bahasa dan Seni UNY hari pertama dilangsungkan Kamis (4/8). Dekan FBS, Prof. Dr. Zamzani membuka acara pembukaan OSPEK ini. MC 5 bahasa dan pentas kolaborasi Ormawa menyapa para mahasiswa baru (Maba) FBS yang terlihat antusias mengikuti rangkaian acara. Dengan mengusung tema “Ekspresi Multikultural Mahasiswa FBS dalam Berkarya melalui Pendidikan Karakter”, Prof. Dr. Zamzani berharap para mahasiswa baru dapat lebih mengembangkan karya-karyanya dengan lebih kreatif.

Acara dimulai dengan sambutan dari MC 5 bahasa, Bahasa Jawa, Bahasa Jerman, Bahasa Perancis, Bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia. Kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan pentas kolaborasi Ormawa FBS, yakni Tari Jawa dari HIMASETA; pelukisan kaligrafi oleh UKM Al-Huda; pelukisan sketsa oleh HIMA Seruker; pembacaan puisi oleh HIMA PBSI, HIMA Jerman (BDS), HIMA Inggris (EDSA), HIMA Perancis, HIMA Jawa, dan KMSI; serta teater olah HIMASIK, Sangkala, DPM, dan Kreativa. Lalu pemecahan kendi berisikan bunga dan air dilaksanakan sebagai tanda pembukaan OSPEK FBS 2011 secara resmi oleh Dekan FBS, Prof. Dr. Zamzani.

“Acaranya seru sekali! Pentas kolaborasi Ormawanya patut diacungi jempol!” seru Frino, Maba Pendidikan Bahasa Jerman antusias.

Talk Show Dekanat I dan II turut menjadi salah satu dari rangkaian acara OSPEK Fakultas hari pertama sebagai pembekalan tentang fakultas yang nantinya akan menjadi tempat belajar maba selama beberapa tahun ke depan. Wakil Dekan (WD) II, Sri Harti Widyastuti, M.Hum., menjelaskan serba-serbi fasilitas-fasilitas yang dimiliki FBS. Tak lupa Dekan FBS mengingatkan Maba agaratidak menjadi mahasiswa yang kupu-kupu (kuliah-pulang, kuliah-pulang) maupun kura-kura (kuliah-rapat, kuliah-rapat). Pada Talk Show Dekanat II, maba diajak berbincang tentang masa studi yang ditempuh, beasiswa yang ada, program student exchange, dan tentang kegiatan-kegiatan kemahasiswaan di FBS seperti softskill, ESQ, BEM, dan lain-lain oleh WD I, Suhaini M. Saleh, M.A. dan WD III, Herwin Yogo Wicaksono, M.Pd.

Setelah pengenalan kampus oleh jajaran Dekanat, giliran Ormawa yang unjuk gigi di hadapan Maba dan memperkenalkan kegiatan mereka. Kapita Selekta juga menjadi salah satu rangkaian acara pada OSPEK Fakultas pertama ini. Maba juga membuat puisi dengan tema Indonesia yang nantinya akan dijadikan buku dan ikut menjadi koleksi perpustakaan fakultas.

“Walaupun agak ngebosenin, talk show tadi bermanfaat untuk mahasiswa baru yang belum tahu apa-apa seperti saya,” tutur Rachmat Nur Hisyam, Maba Pendidikan Bahasa Inggris. (Diyan & Nunggal)