Pameran Beautiful Books Beautiful Pictures: Workshop "Illustrate Your Story"

Pameran Beautiful Books Beautiful Pictures yang dibuka sejak Selasa (14/5) lalu kembali menyapa anak-anak lewat acara workshop yang bertemakan “Illustrate Your Story” yang diadakan Museum Anak Kolong Tangga, Kamis (16/05) yang bertempat di pelataran Museum Pendidikan Indonesia.

Andit, salah satu siswa kelas 4 dari Sekolah Dasar (SD) Tumbuh nampak antusias menggunting koran dan majalah bekas yang disiapkan panitia lalu ditempel pada selembar kertas manila yang tersedia hingga membentuk potongan-potongan gambar yang menarik.

Andit dan 29  orang temannya yang lain dari dari SD Tumbuh yang diundang oleh pihak panitia untuk mengikuti acara pada hari itu diberikan kesempatan untuk berkreasi dan berimajinasi untuk mengilustrasikan dongeng yang telah mereka dengarkan ke dalam media gambar, kolese, dan tulisan.

“Sebelum anak-anak membuat ilustrasi, kami terlebih dahulu membacakan cerita Raja Rakus dan Kijang Kencana, kemudian anak-anak kami arahkan untuk mengilustrasikan kembali cerita yang sudah mereka dengarkan kedalam bentuk gambar, kolese, maupun tulisan, dan kemudian akan dipresentasikan,” jelas Redy selaku pemateri.

Sebelumnya ketiga puluh anak tersebut dibagi kedalam kelompok. Tiap kelompok terdiri atas lima orang dan didampingi satu orang relawan untuk membantu memberikan pengarahan. Anak-anak diharapkan mampu memaksimalkan bahan-bahan yang telah disiapkan panitia, seperti koran bekas, majalah bekas, pensil warna, spidol, gunting, dan kertas berwarna untuk mengilustrasikan kembali dongeng Raja Rakus dan Kijang Kencana yang telah dibacakan panitia.

Kegiatan ini seolah menjadi ajang yang efektif bagi anak-anak dalam berkreasi dan menyalurkan imajinasinya dengan cara positif. Bukan itu saja, kegiatan ini pun mengajarkan etika bekerja sama dalam kelompok kepada anak-anak serta mengasah nilai-nilai kepemimpinan dan belajar mengekspresikan diri.

Hal berbeda justru diungkap Jordan siswa kelas 4 SD Tumbuh yang ikut mengambil bagian dalam kegiatan ini, “Saya diceritakan tentang dongeng Raja Rakus dan Kijang Kencana, setelah itu kami menggambar, bukan hanya itu saja, saya juga mendapat teman baru,” tuturnya. (DjWonga/HumasFBS)