Pameran Desain: Ruang Aplikasi Ilmu DKV, Interior, hingga Kewirausahaan

FBS-Karangmalang. Kamis siang (18/4), Pameran Desain Interior Gerobak Penjualan yang diadakan oleh mahasiswa Jurusan Pendidikan Seni Rupa Kelas ABGH angkatan 2010 resmi dibuka. Pameran yang digelar di Museum Pendidikan Indonesia UNY ini adalah bagian dari tugas mata kuliah Interior I yang diampu oleh Eni Puji Astuti dan Dwi Retno Sri Ambarwati.

Sebagai produk nyata mata kuliah Interor I, Eni Puji Astuti menyampaikan bahwa pameran ini mengajak mahasiswa untuk belajar dan  mengeksplorasi ruang publik (public space) dan tata ruang. Sebenarnya pameran ini termasuk bagian kecil, karena untuk mengelola ruang publik dan membuat perancangan yang lebih besar butuh pengetahuan tentang perancangan hingga pembuatan prototype dari layout produk, maka mahasiswa diarahkan untuk memulainya dengan membuat layout gerobak penjualan. Melalui penugasan ini, mahasiswa belajar mulai dari konsep  awal branding produk hingga detail penataan tiap elemennya.

Di samping itu, pameran yang diadakan oleh mahasiswa Jurusan Pendidikan Seni Rupa tidak melulu karya murni berupa lukisan atau patung saja, namun juga berupa applied art yaitu produk seni rupa yang bisa diaplikasikan secara langsung. Produk ini juga termasuk Visual Mercandishing yang menjadi ruang mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmu desain komunikasi visual (DKV) yang telah didapat dari mata kuliah lain.

Eni juga mengharapkan pameran ini dapat diapresiasi oleh banyak pihak, terutama karena dilihat dari tema yang diangkat yaitu marketing penjualan, pameran ini juga menumbuhkan jiwa wirausaha bagi mahasiswa. Senyampang dengan pendidikan yang menyeluruh,  tidak sepotong-sepotong, pameran yang akan berlangsung hingga 30 April mendatang ini menjadi ruang penyatuan ilmu mahasiswa seni rupa mulai dari DKV, Interior, hingga Kewirausahaan. (D.Wulandari/HumasFBS)