Pameran Outdoor Achmad Alhaitamy

   FBS-Karangmalang. Konsep pameran outdoor yang dipilih Achmad Alhaitamy Kurniawan ternyata mampu menarik perhatian banyak pengunjung Gedung Kuliah IV FBS. Karya-karyanya yang berupa karya fotografi ini berjajar memenuhi halaman GK IV (8-10/10). Menurut Achmad, dengan pameran di tempat terbuka terkesan lebih inklusif dan menjangkau khalayak yang lebih luas. “Masih jarang sekali kita pameran di luar. Kita melihat apresiasi dari teman-teman. Pameran itu tidak selalu harus di galeri yang sejuk dan fasilitasnya bagus. Padahal dengan kita pameran di outdoor berpanas-panas ria, mereka apresiasinya juga bagus.” Ungkap Achmad.

    Tema yang dipilih mahasiswa prodi Pendidikan Seni Rupa ini berupa product shot, yaitu foto produk untuk ilustrasi iklan. Bertolak pada kebutuhan dunia usaha yang terus meningkat dalam hal promosi salah satunya melalui media iklan, kompetensi di bidang advertising memliki daya tarik tersendiri. Perusahaan rela membayar sebuah iklan dengan harga tinggi karena iklan berperan penting sebagai media komunikasi antara perusahaan yang memproduksi dengan konsumen tentang produk tersebut.

    Dalam teknik sendiri, karya-karya yang ada dalam pameran Tugas Akhir Karya Seni (TAKS) ini menggunakan teknik dasar fotografi dan  minimalis editing. Hanya ada satu karya menggunakan penambahan logo dan label harga, selebihnya menggunakan rekayasa pencahayaan dan diafragma secara manual.  Hal ini membuktikan bahwa walau dengan menggunakan teknik dasar yang sederhan dan peralatan terbatas pun, seorang fotografer yang baik mampu menghasilkan karya yang maksimal.

    Achmad juga mengungkapkan bahwa sebenarnya popularitas karya fotografi di UNY masih minim, padahal di sisi lain mahasiswa UNY itu juga mampu unggul di bidang fotografi. Terlebih lagi, sejauh ini hanya dua atau tiga orang saja yang mengambil bidang fotografi untuk TAKS. Achmad optimis,mahasiswa UNY akan mampu bersaing ke luar dalam bidang fotografi. (D.Wulandari/FBS)