Pelatihan Ketrampilan untuk Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga yang Terdampak Pandemi

Keterangan Sumber Foto: 
Humas FBS UNY

Di masa pandemi ini banyak orang mengalami PHK, kebangkrutan, dan berkurangnya pendapatan, sementara kebutuhan hidup tidak juga berkurang. Keluarga merupakan lingkup terkecil yang paling berdampak dari krisis ekonomi yang diakibatkan pendemi. Tak jarang terjadi keretakan rumah tangga karena masalah ekonomi, dan anak yang menjadi korban. Oleh karena itu untuk memperkuat survivalitas  keluarga di masa krisis ini, para ibu rumah tangga harus pandai-pandai  berhemat,  dan tentunya kreatif dalam memanfaatkan sumber daya di sekitarnya untuk dijadikan tambahan penghasilan dan bisa membantu ekonomi keluarga.

Sejalan dengan itu, Minggu (29 SAgustus 2021) Tim PPM dari Prodi Pendidikan Seni Rupa UNY diketuai Dwi Retno Sri Ambarwati, M.Sn, dan anggota terdiri dari Dr. Hajar Pamadhi, M.A (Hons), Drs. mardiyatmo, M.Pd.,  Eni Puji Astuti, M.Sn., dan Arsianti latifah, M.Sn.  akan mengajak para ibu rumah tangga yang terdampak pandemi untuk berkreasi memanfaatkan barang bekas dan limbah rumah tangga, menjadi benda-benda  bernilai estetika dan ekonomi, dengan menggandeng Owner Menik2 Craft Kristianti Dwi Wulansari, S.Pd. utk membagikan pengalaman dan ketrampilannya dalam menjalankan usaha craft dari bahan limbah Aneka wadah bekas apapun dengan sentuhan tangan kreatif bisa dibuat menjadi produk bernilai estetika dan ekonomi, seperti boneka, miniatur makanan, celengan, hiasan dekorasi, alat peraga., dll.

Jadi jangan buang wadah2 bekas. Ciptakan produk2 lucu cantik imut dari botol air mineral, wadah es krim, kemasan bekas dll dg bahan kain felt. Hasilnya bisa dipasarkan dan menjadi sumber penghasilan. Ini juga bisa menjadi solusi masalah lingkungan sesuai prinsip reduce, reuse, and recycle dalam pengolahan limbah.(drsa)