Pembekalan Alumni, Getting to the Great Job

FBS-Karangmalang. Senin pagi (26/9), tepat sehari sebelum wisuda, sebanyak 266 alumni FBS UNY mengikuti Pembekalan Alumni di Ruang Seminar Gedung Kuliah I FBS UNY.

Program rutin FBS Career Center ini bertujuan mempersiapkan alumni supaya setelah diwisuda memiliki kepercayaan diri memasuki dunia kerja. “Alumni Fakultas Bahasa dan Seni diharapkan benar-benar memiliki kompetensi yang kompetitif bukan sekadar komparatif karena kedepan harus mampu berkompetisi dengan alumni lain,” jelas Prof. Dr. Zamzani, Dekan FBS UNY dalam sambutannya.

Getting to the Great Job, inilah tema yang diangkat dalam pembekalan alumni kali ini. Kiki F. Wijaya selaku Pembicara berbagi strategi menjadi achiever sejati. Beberapa strateginya antara lain, membangun kepercayaan diri, memilih pekerjaan sesuai minat dan talenta, bekerja seperti bermain, dan berpikir untuk selalu memberi, bukan untuk selalu menerima. “Setiap institusi pasti mengharapkan seseorang yang berkualitas, achiever. “Kalau sanggup menjadi yang “terbaik”, maka “baik” saja tidak cukup,” jelas Kiki.

Pembekalan selama tiga jam ini juga diisi materi-materi seperti, cara “memasarkan” diri, cara menulis surat lamaran, dan cara membuat CV yang “menjual”. Yang menarik, di tengah acara peserta diajak duduk berhadap-hadapan dengan peserta lain untuk berlatih menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul dalam wawancara kerja. Trik-trik dan contoh-contoh jawaban dalam wawancara kerja dijelaskan Kiki kemudian.

Di akhir acara, peserta diminta mengisi formulir yang berisi informasi data diri dan pekerjaan. Dengan demikian, fakultas dapat memantau apakah alumni telah mendapatkan pekerjaan atau belum, sebagai bentuk tanggung jawab fakultas terhadap para alumninya. (Virga)