Pembukaan Pameran Seni Rupa Angkatan 79 IKIP Negeri Yogyakarta

FBS-Karangmalang. Berawal dari sekadar ingin berkumpul lingkup satu angkatan 79 IKIP Negeri Yogyakarta, akhirnya lahir gagasan untuk menyelenggarakan pameran. Benih-benih untuk bernostalgia sesama angkatan pun ternyata dapat terwujud atas kerjasama antara koordinator angkatan 79 dengan Jurusan Pendidikan Seni Rupa FBS UNY. Manifestasi nostalgia tersebut dibuka pada 27 Juni 2013, di Gedung Kuliah IV FBS UNY.

Acara ini mendapatkan dukungan penuh dari Jurusan Pendidikan Seni Rupa dan jajaran dekanat FBS. Pada kesempatan itu, dekanat FBS diwakili Dr. Widyastuti Purbani, M.A. (Wakil Dekan I). Dalam sambutannya, Purbani selaku perwakilan dekanat sangat apresiatif terhadap “temu kangen” ini. “Sudah sekian tahun FBS berubah ke arah yang lebih baik. Semula masih bernama IKIP Negeri, sekarang menjadi Universitas Negeri. Selamat datang Bapak-Ibu ke rumah tercinta FBS UNY ini,” tuturnya saat menyapa para alumni.

Acara yang berlangsung di depan Galeri Seni Rupa FBS UNY ini, dihadiri dosen jurusan Pendidikan Seni Rupa dan 15 alumni angkatan 79. Salah seorang alumni yang bernama Kecuk Sahana pun memberikan beberapa kenang-kenangan kepada Dekan dan Ketua Jurusan Pendidikan Seni Rupa. “Bapak dan Ibu, sebagai rasa cinta kami kepada jurusan Seni Rupa, kami akan menyerahkan beberapa kenang-kenangan. Meskipun sederhana, namun yang terpenting adalah silaturahmi antara alumni IKIP angkatan 79 dengan UNY,” ujar Sahana sebagai perwakilan alumni.

Secara simbolis, Dr. Widyastuti Purbani, M.A. membuka acara dengan memotong pita yang menutup pintu ruang pameran. Ada puluhan lukisan yang dipamerkan di ruangan itu. Menurut Kajur Pendidikan Seni Rupa, Drs. Mardiyatmo, M.Pd. pameran ini berlangsung pada 27-30 Juni 2013. (Rony/Humasfbs)