Pembukaan program VISCO#2

Keterangan Sumber Foto: 
Pembukaan program VISCO#2

Senin (15/11/2021) Program VISCO#2 dibuka secara resmi dan akan berlangsung hingga 29 Nopember 2021 dengan total waktu selama 46 jam.

VISCO#2 ini bertema Lifestyle in New Normal Era, yang telah dikemas dalam bentuk kelas dasar berbahasa Indonesia, kelas budaya dan Praktik Bahasa Indonesa.

Peserta kegiatan kali ini berasal dari berbagai negara: Jepang, Brunei, Thailand, Philipina, China, Colombia, Chile, Mesir, Yaman, Senegal, Rusia, dan Tanzania.

Dekan FBS UNY Dr. Sri Harti Widyastuti, M.Hum. dalam sambutannya menyampaikan bahwa program ini merupakan kegiatan kreatif yang dirancang BIPA FBS UNY untuk mengisi kegiatan di masa pandemi setelah sebelumnya VISCO#1 sudah berjalan dengan sukses. Tujuan kegiatan ini adalah untuk menyebarluaskan Bahasa Indonesia beserta budayanya.

Harapannya para peserta dari berbagai universitas di luar negeri dapat diajak bergabung di program pembelajaran yang lebih lama seperti transfer credit, student mobility, muhibah seni, student exchange, dan sebagainya. Diharapkan pula semua bisa datang untuk studi dan melakukan berbagai kegiatan di FBS UNY. Semoga ke depannya semakin banyak pelajar dari seluruh dunia yang terlibat, sehingga bahasa Indonesia semakin mendunia.

Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama UNY Prof. Dr. Siswantoyo, M,Kes., AIFO. mengapresiasi penyelenggaraan VISCO, dan mengharapkan ke depannya semakin banyak kegiatan yang dilakukan oleh FBS UN Y yang melibatkan partisipan dari seluruh dunia untuk belajar kultur dan bahasa Indonesia dari penutur asli. Semoga semua merasa mendapat wawasan baru, dan kegiatan ini dapat menghasilkan dokumen sebagai bukti kerjasama. Di akhir sambutannya, diharapkan semua dapat datang ke Yogyakarta, kota budaya yang indah.

Acara dilanjutkan Studium Generale yang dibawakan oleh Dr. Ayu Niza Machfauzia, M,Pd, yang menayangkan keindahan budaya dan alam Indonesia dalam A Glance of Indonesia, Wonderful Indonesia, serta lagu2 tradisional dari berbagai daerah. Di akhir sesi peserta diajak bernyanyi bersama lagu Cublak-Cublak Suweng dan Suwe Ora Jamu, yang diikuti dengan antusias oleh peserta.(drsa)