Pembukaan Seminar Nasional Ngaji Komik dan Pameran Drawing

Keterangan Sumber Foto: 
Humas FBS UNY

FBS-Jurusan Pendidikan Seni Rupa mengadakan Kegiatan tahunan rutin berupa Seminar Nasional Ngaji Komik #5 dengan tema Rerasan Komik. Kegiatan ini juga bertujuan untuk mendukung hari Menggambar Indonesia yang di angkat oleh Forum Drawing Indonesia (FDI). Setelah dua tahun acara ini di laksanakan secara daring karena Pandemi Covid-19 akhirnya tahun ini Acara Nagji Komik #5 dan Pameran Drawing ini digelar secara luring pada hari Selasa, tanggal 24 Mei 2022, di halaman Jurusan Pendidikan Seni Rupa.
Runtutan Kegiatan yang ada di Seminar Ngaji Komik #5 “Rerasan Komik” dan Pameran Drawing yaitu:
Laporan Ketua Panitian oleh Ibu Kharisma Creativani, S.Sn., M.Ds. Kemudian di lanjutkan sambutan dari Ketua Jurusan Pendidikan Seni Rupa yaitu Dr. Drs. I Wayan Suardana, M.Sn. Acara berikutnya sambutan dan sekaligus membuka Pameran Drawing dari Ibu Dr. Sri Harti Widyastuti, M.Hum. selaku Dekan Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta. Tak lupa perwakilan dari Forum Drawing Indonesia yaitu Bapak Joko S Gundul juga memberikan prakata
Dalam Sambutan dari Dekan FBS Dr. Sri Harti Widyastuti, M.Hum. beliau mengatakan bahwa komik merupakan jembatan kebudayaan karena tak lekang dimakan waktu, bebas dan luwes menghadapi jaman. Di masa lalu komik sebagai penyampai pesan yang luar biasa. Beliau menambahkan juga, pada jaman dulu ada Komikus RA Kosasih, komik wayang yg diciptakannya luar biasa.Saya mengenal wayang dan masuk Jurusan Jawa karena terinspirasi tokoh2 wayang yang ada di Komik RA Kosasih itu. Di akhir sambutannya Ibu Dekan menyanpaikan bahwa acara Ngaji Komik Ini bisa menjadi wadah yang luar biasa bagi jurdik seni rupa, yang ke depannya akan bisa menghasilkan profesi komikus-komikus handal yang diperhitungkan.